People Innovation Excellence

SEMINAR NASIONAL HAK ASASI MANUSIA DI ERA DIGITAL





Pada tanggal 2 Maret 2019, bertempat di Auditorium Kampus Anggrek, BINUS University, dilangsungkan seminar nasional bertopik Hak Asasi Manusia (HAM) di Era Digital. Seminar ini dilangsungkan oleh Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS bekerja sama dengan Direktorat Diseminasi dan Penguatan HAM Kemenkumham RI dan lembaga Freidrich Naumann Foundation/Stiftung (FNS). Acara dibuka oleh Dr. Shidarta sebagai Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS besama-sama dengan Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM Drs. Suparno, S.H., M.H. dan the Programme Assistant  for Democracy Project at FNF Indonesia Ganes Woro Retnani.

Hadir sebagai pembicara dalam seminar ini adalah Drs. Suparno, S.H., M.H. dan Novie Soegiharti, S.Sos., M.Si. dari Kemenkumham serta dosen-dosen BINUS Dr. Bambang Pratama dan Erna Ratnaningsih, dengan dimoderatori oleh Dr. Ahmad Sofian. Dalam paparannya, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM menyebutkan beberapa instrumen HAM di Indonesia. Sebagian memang masih masih berupa hak-hak konvensional, tetapi sebagian berkaitan dengan media massa, khususnya media digital. Sekitar 200 mahasiswa yang mengikuti seminar nasional ini dengan antusias mengajukan sejumlah pertanyaan yang relevan dengan kondisi penegakan hak-hak asasi manusia, seperti pasal-pasal karet dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), perampasan aset pelaku korupsi, kasus ujaran kebencian, larangan berekspresi dalam draf UU Permusikan, pengrebekan atas pasangan bukan suami-isteri di kamar hotel, dan hak-hak para LGBT.

Pada sisi lain seminar, Direktur Diseminasi dan Penguatan HAM Kemenkumham RI menawarkan kerja sama yang lebih intens dengan BINUS, terutama dalam rangka pembentukan Pusat Studi Hak Asasi Manusia di BINUS. Menurut beliau, keberadaan pusat studi ini dapat dimanfaatkan oleh dosen dan mahasiswa dalam mendukung proses pembelajaran. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close