People Innovation Excellence

BIAMC MEMADUKAN ‘MEDIASI DAN MEDITASI’



Pada tanggal 29 Agustus 2018, Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS mendapat kunjungan dari Bali International Arbitration Mediation Center (BIAMC), sebuah pusat layanan non-profit yang berlokasi di Kuta (Bali) dan Jakarta. Pusat ini bergerak dalam menangani sengketa-sengketa bisnis internasional melalui arbitrase, mediasi, atau metode fact-finding. BIAMC menawarkan pula kursus-kursus dan temu ilmiah seperti seminar di bidang alternatif penyelesaian sengketa di luar pengadilan (ADR). Dalam waktu dekat, misalnya, BIAMC akan mengadakan Bali Arbitration Summit pada tanggal 15 Oktober 2018, dengan tema menarik: Arbitration In The ‘New Asia’ A Contemporary Reconciliation Of Policy, Theory And Practice Our title this year is: Arbitration in the ‘New Asia’.

Menurut Naz Juman, Founding Chair/CEO dari BIAMC, yang hadir di Kampus Kijang BINUS bersama dengan salah seorang stafnya Damayanti, BIAMC mengambil Bali sebagai salah satu lokasi aktivitasnya di Indonesia karena Bali menawarkan atmosfir yang menarik bagi banyak orang. “Bali dapat menjadi tempat orang bermediasi sekaligus bermeditasi,” ujar Naz Juman berseloroh.

Sebagai lembaga baru, BIAMC ingin memperkenalkan kehadirannya di fakultas/jurusan hukum di berbagai universitas terkemuka di Indonesia. Hal ini penting karena salah satu sumber daya manusia yang berkaitan langsung dengan misi BIAMC itu berasal dari perguruan tinggi. Keberadaannya juga diharapkan dapat melengkapi lembaga-lembaga serupa yang sudah berdiri sebelumnya, seperti Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS Shidarta, yang berkesempatan menemui Naz Juman bersama dengan beberapa orang dosen, menyampaikan informasi tentang pengajaran alternatif penyelesaian sengketa di Program Studi S-1 Hukum di BINUS. Dalam kurikulum Jurusan Hukum Bisnis BINUS saat ini ADR sudah dijadikan satu mata kuliah wajib tersendiri, sehingga kerja sama dengan BIAMC di masa depan sangat membantu pengembangannya, termasuk misalnya kerja sama dalam rangka magang (internship) untuk mahasiswa.

Sebagai tindak lanjut dari kunjungan ini, BIAMC kemudian menawarkan keikutsertaan dosen-dosen BINUS dalam beberapa kegiatan. Selain Bali Arbitration Summit, juga di antaranya adalah seminar “Introduction to Investor-State Dispute Settlement” yang diadakan di Jakarta tanggal 13 September 2018. BINUS mendapat kehormatan untuk diundang khusus dalam seminar tersebut dengan mengirimkan empat orang dosennya. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close