People Innovation Excellence

DIKSUSI PENULISAN JURNAL DI FH USAKTI



Ketua Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, Dr. Shidarta pada tanggal 20 April 2018 diundang sebagai narasumber dalam diskusi di Fakultas Hukum Universitas Trisakti, Jakarta. Tema diskusi tersebut berkaitan tentang penulisan di jurnal ilmiah hukum. Hadir dalam diskusi ini antara lain Wakil Dekan II Hj. Endang Suprasetyani, S.H., M.H., Wakil Dekan III Dr. Bambang Sucondro, S.H., M.H., dan Wakil Dekan IV Dr. Anna Maria Tri Anggraini, S.H., M.H., serta Ketua Bagian Hukum Administrasi Negara Dr. Irene Eka Sihombing, S.H., CN, M.H. Peserta diskusi sebagian besar adalah dosen-dosen dalam Bagian HAN FH Usakti.

Dalam diskusi tersebut Shidarta bertukar pikiran tentang problematika penulisan jurnal nasional dan internasional bagi kalangan dosen hukum dan langkah-langkah strategis maupun teknis untuk mengatasinya. Selain itu juga disinggung tentang jenis-jenis plagiarisme yang lazim ditemukan dalam penulisan ilmiah hukum.

Menurut Shidarta, jurnal ilmiah hukum terakreditasi di Tanah Air sebenarnya sudah cukup banyak, baik yang diakreditasi oleh Dikti maupun LIPI. Sayangnya, kedua institusi itu belum sepenuhnya berjalan seiring dalam pembinaan jurnal ilmiah, sehingga terkesan kuat bahwa bagi para dosen, jurnal yang diakreditasi oleh Dikti lebih dihargai. Sementara itu, untuk jurnal internasional di area hukum, juga tidak terlalu banyak jumlahnya dibandingkan dengan jurnal untuk area keilmuan lain. Hal ini menjadi tantangan tersendiri, mengingat tulisan-tulisan hukum dari para dosen kita sering terpaku pada kondisi-kondisi domestik. Padahal, sangat perlu digarisbawahi relevansi tulisan yang kita publikasikan itu bagi para pembaca jurnal-jurnal internasional tersebut. (***)

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close