People Innovation Excellence

ASOSIASI DOSEN INDONESIA DAN FORUM REKTOR RAPAT DENGAR PENDAPAT UMUM DENGAN KOMISI X DPR-RI

Pada tanggal 3 April 2017, Asosiasi Dosen Indonesia (ADI) dan Forum Rektor mengadakan rapat dengar pendapat umum (RDPU) dengan Komisi X DPR-RI. Salah satu wakil dari kepengurusan Forum Rektor yang hadir adalah Prof. Harjanto Prabowo, Rektor Universitas Bina Nusantara, sedangkan wakil kepengurusan dari Asosiasi Dosen Indonesia adalah Dr. Bambang Pratama, dosen dari Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS.

Secara umum, topik yang dibahas dalam RDPU antara lain: (1) penelitian, (2) jurnal ilmiah, (3) akreditasi, (4) tunjangan dosen dan profesor, dan (5) sertifikasi dosen. RDPU yang digagas oleh ADI dan Forum Rektor menjadi penting untuk dilakukan, mengingat Komisi X DPR-RI pada tanggal 25 April 2017 mendatang akan melakukan rapar kerja dengan Menteri Ristek-Dikti. Oleh sebab itu menurut Popong Otje Djundjunan, yang akrab dipanggil dengan Ceu Popong, menganggap masukan dari dosen dan rektor adalah masukan yang sangat berguna untuk di bahas pada rapat kerja dengan Menteri Ristek-Dikti.

Penyaluran aspirasi ini berangkat dari masukan teman-teman dosen dan rektor dari berbagai perguruan tinggi tentang kesenjangan sumber daya dosen dan sarana-prasarana. Di lain pihak, penerapan berbagai aturan yang dikeluarkan pemerintah dianggap tidak tepat sasaran, karena tidak mempertimbangan kondisi perguruan tinggi secara umum. Meskipun demikian, pada prinsipnya ADI dan Forum Rektor berkomitmen untuk meningkatkan mutu dan kualitas perguruan tinggi, akan tetapi langkah dan kebijakan pemerintah yang dilakukan perlu sinergi dan mempertimbangkan situasi perguruan tinggi kondisinya tidak bisa digeneralisir. Mengingat kondisi yang demikian, maka diharapkan penyaluran aspirasi yang dilakukan oleh ADI dan Forum Rektor bisa menjadi pertimbangan pemerintah. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close