People Innovation Excellence

ANGKRINGAN NATALAN TEMU HUMANIS

IMG.20161220.WA0012


Di lingkungan Fakultas Humaniora BINUS, termasuk di dalamnya Jurusan Hukum Bisnis (Business Law), terbangun tradisi melakukan temu keakraban yang disebut ‘angkringan’. Tidak terkecuali, perayaan hari-hari besar keagamaan seperti Idul Fitri dan Natal, ditandai dengan ‘angkringan’ juga. Dalam acara tersebut dihadirkan para narasumber yang diminta membahas suatu topik tertentu.

Pada tanggal 20 Desember 2016 lalu, angkringan Natalan diadakan dengan acara pokok diskusi bertema “temu humanis’. Topik tentang keberagaman dibahas dari sudut psikologi, hubungan internasional, etika, dan hukum. Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, tampil membawakan topik tentang hakikat keberagaman sebagai prinsip eksistensi manusia. Menurutnya, menolak keberagaman berarti menolak eksistensi manusia sebagai mahluk individual. Manusia tidak bisa sepenuhnya menjadi mahluk sosial yang hadir tanpa jatidiri kepribadian. Justru perbedaanlah yang membuat manusia itu eksis.

“Jika semua manusia homogen, maka kita di dunia ini tidak pernah tahu siapa diri kita dan siapa orang lain,” ujarnya. Ia mengibaratkan seperti kita meminum pil dalam sebotol obat. Karena homogen maka tiap-tiap pil di dalam botol itu tidak lagi punya nilai pembeda. Secara random kita dapat mengambil salah satunya tanpa perlu membedakan mereka. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close