People Innovation Excellence

FORUM NASIONAL ANTIKORUPSI DISELENGGARAKAN DI BINUS

IMG.20161128.WA0006


IMG.20161129.WA0023


Forum Nasional Antikorups (iACF) yang ke-5 diadakan di Kampus BNUS Jakarta, tanggal 28-30 November 2016. Acara dibuka oleh Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Dr. Laode M. Syarif. Rektor BINUS, Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. ikut hadir memberikan kata sambutan. Acara kemudian diisi dengan diskusi sesi pleno dan panel-panel. Juga ada pemutaran film tentanga pencegahan korupsi. Forum yang diselenggarakan bersama-sama oleh sekian banyak organisasi nasional dan internasional, seperti Kemitraan, Ausaid, UNODC, Kementerian PPN/Bappenas, KPK, ICW, dan lain-lain. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, kesimpulan akhir dari kegiatan ini akan menjadi rekomendasi yang disampaikan ke Presiden Republik Indonesia.

Pada waktu menyampaikan sambutannya, Rektor BINUS menekankan kembali komitmen universitas ini untuk ikut memberantas korupsi. Menurutnya, korupsi telah menjadi musuh bersama yang telah menjerumuskan bangsa kita ke dalam kondisi terpuruk. BINUS tidak segan-segan untuk mencabut ijazah para alumninya yang di kemudian hari terbukti melakukan korupsi. Bahkan, baru-baru ini BINUS menyatakan akan mengeluarkan (drop-out) setiap mahasiswanya yang ditemukan melakukan kecurangan (menyontek) sewaktu ujian tengah dan akhir semester.

Pada sesi pleno di acara pembukaan, tampil para pembicara dari Jurusan Business Law BINUS (Shidarta), dari Transparency International Indonesia (Dadang Trisasasongko), Alliance for Integrity (Barliana Amin). Acara dimoderatori oleh Dr. Besar dari BINUS. Acara pleno ini memberi perspektif yang komprehensif tentang peta korupsi di Indonesia.

Hari-hari berikutnya diisi dengan diskusi-diskusi panel yang antara lain menampilkan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, Rektor Unair Prof. Dr. Mohammad Nasih, dan Walikota Makassar Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto. Mereka menyampaikan gagasannya dalam panel “Pencegahan dan Pengendalian Konflik Kepentingan (PPKK) di Sektor Pendidikan dan Kesehatan”. Selain itu terdapat belasan tema lain yang diangkat dalam forum ini, antara lain tema yang melibatkan anak-anak muda.

Para dosen BINUS yang ikut membawakan makalah antara lain Paulus Aluk Fajar Dwi Santo, Vidya Prahassacitta, dan Ahmad Sofian. (***)


IMG-20161128-WA0017


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close