People Innovation Excellence

FALSAFAH PANCASILA UNTUK KESEJAHTERAAN YANG BERKEADILAN

Tim Sinergi Bidang Prioritas 4 (TSBP 4) Paroki Bintaro pada tanggal 3 Juni 2023 mengadakan sarasehan dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila. Untuk keperluan itu, dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, diundang sebagai salah satu pemateri dengan mengambil topik “Falsafah Pancasila: Keadilan Sosial untuk Kesejahteraan Bersama”. Beliau diundang sebagai salah satu narasumber bersama dengan seorang purnawirawan TNI Fransiskus Xaverius Soejitno. Acara ini berlangsung secara luring di Aula Leo Soekoto Gereja Santo Matius Penginjil Bintaro, Tangerang Selatan. Shidarta menyajikan materinya secara daring.

Shidarta memulai paparannya tentang latar belakang historis pemikiran tentang Pancasila, diikuti dengan penjelasan tentang bagaimana  posisi Pancasila sebagai falsafah bangsa dan negara Indonesia, di tengah banyaknya predikat yang dilekatkan pada Pancasila tersebut. Ia juga menawarkan cara pencarian makna Pancasila dengan kembali ke pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945. Di situ terlihat bahwa keadilan sosial adalah tujuan aksiologis kita dalam berbangsa dan bernegara. Ia kemudian menghubungkan hal itu dengan visi dan misi negara kita. Melalui perspektif hukum, Shidarta kemudian mengaitkan fungsi hukum dalam jangka pendek, menengah, dan panjang untuk ikut serta membawa bangsa dan negara ini menuju ke tujuan tersebut.

Shidarta mengingatkan bahwa apabila Pancasila diuraikan dalam sila-sila yang masing-masing berdiri sendiri-sendiri, maka tidak ada yang istimewa sebagai falsafah bangsa Indonesia. Pancasila baru menjadi khas milik bangsa Indonesia apabila dipahami secara utuh dengan kelima silanya sekaligus. Itulah sebabnya, kesejahteraan bersama yang ingin dituju harus bertumpu pada keadilan sosial. Dan, keadilan sosial harus berangkat dari nilai-nilai yang diusung oleh empat sila yang lain. Dengan perkataan lain, keadilan sosial yang membawa kesejahteraan bersama itu  juga mengandung arti adanya kesejahteraan yang berkeadilan. (***)

Materi paparan Shidarta dapat diakses dengan klik tautan berikut: https://www.researchgate.net/publication/371276981_SLIEDS_Falsafah_Pancasila_Keadilan_Sosial_untuk_Kesejahteraan_Bersama

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close