People Innovation Excellence

ENAM DOSEN HUKUM BINUS MEMBAWAKAN MAKALAH DI KONFERENSI AFHI

Enam orang dosen Business Law BINUS, yaitu Paulus Aluk Fajar Dwi Santo, Besar, Bambang Pratama, Ahmad Sofian, Iron Sarira, dan Shidarta, membawakan makalah di konferensi nasional ke-5 Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia (AFHI) di Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), tanggal 17-18 November 2015. Pada kesempatan itu, Paulus Aluk Fajar membawakan makalah tentang semiotika dalam hukum merek, sementara Besar membawakan dua makalah, masing-masing tentang refleksi pengalaman BINUS dalam menerapkan larangan merokok dan tentang perspektif hukum progresif dalam penetapan hak cipta sebagai objek jaminan fidusia. Bambang Pratama membawakan topik tentang hukum siber. Ahmad Sofian di panel yang lain membawakan makalah tentang asas kausalitas dalam hukum pidana. Iron Sarira menyajikan makalahnya tentang transplantasi nilai-nilai kearfian lokal dalam penyelesaian sengketa hubungan industrial, dan Shidarta membawakan makalah dengan topik penalaran hukum.

Pada kesempatan konferensi ini, selain sebagai pemakalah, mereka juga bertindak sebagai moderator untuk panel-panel yang berbeda. Ada enam panel yang ada di dalam konferensi kali ini. Panel pertama tentang otentisitas nilai-nilai keindonesiaan dalam sistem hukum nasional. Kemudian panel tentang kontribusi masyarakat hukum adat dalam pembentukan hukum nasional. Panel ketiga tentang pengembanan hukum teoretis dalam pembangunan disiplin hukum di Indonesia. Panel berikutnya tentang dialektika antara normativitas dan kontekstualitas penerapan hukum nasional. Panel kelima tentang aliran-aliran pemikiran hukum sebagai tawaran kerangka konseptual di dalam hukum. Panel terakhir tentang hukum masa depan dan masa depan hukum di Indonesia.

Acara konferensi yang diikuti peserta dari seluruh Indonesia ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Shidarta (dosen BINUS) yang menjadi Ketua AFHI periode 2014-2015. Selanjutnya konferensi dibuka secara resmi oleh Rektor UMS Prof. Dr. Bambang Setiaji. Konferensi kemudian diisi dengan sidang pleno dan panel-panel pada hari pertama, disusul kemudian dengan panel-panel yang sama di hari kedua, debat hukum tentang hukum non-sistematik versus hukum profetik, serta peluncuran buku mengenang Almarhum Prof. Soetandyo Wignjosoebroto. Pada bagian akhir, acara diisi dengan rapat AFHI yang menetapkan ketua AFHI yang baru periode 2015-2016, serta ditutup oleh Dekan Fakultas Hukum UMS Dr. Natangsa Surbakti. (***)


IMG_0481


Suasana ramah tamah makan malam bersama para peserta konferensi
Suasana ramah tamah makan malam bersama para peserta konferensi

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close