People Innovation Excellence

PELATIHAN PENDEKATAN INTERDISIPLINER DALAM PENELITIAN HUKUM DI UNISSULA

Selama dua hari, pada tanggal 3-4 Oktober 2015, Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang dan Kelompok Diskusi Hukum Esmi Warassih (Kedhewa) menyelenggarakan pelatihan metode penelitian dengan pendekatan interdisipliner. Ada empat narasumber yang tampil membawakan materi dalam pelatihan metode penelitian hukum ini, yaitu Prof. Dr. Esmi Warassih, SH, MS. (Universitas Diponegoro) dengan topik ilmu hukum kontemplatif dan perkembangan metodologi penelitian hukum;  Dr. Shidarta, S.H, M.Hum (Business Law BINUS) dengan topik studi socio-legal dalam perkembangan metodologi penelitian hukum; Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H, M.A. (Universitas Pancasila) dengan topik studi socio-legal dalam perspektif studi hukum adat; serta  Prof. Dr. Mahmutarom, M.R., S.H., M.H. (Universitas Wahid Hasyim) dengan topik hukum Islam dalam perspektif socio-legal. Acara yang berlangsung di kampus Unissula Semarang ini diikuti oleh sekitar 40 orang peserta dari berbagai daerah di Indonesia.  

Shidarta yang tampil membawakan makalah dalam panel bersama Prof. Mahmutarom menyampaikan materi seputar perkembangan metode penelitian hukum yang mengantarkan ke pendekatan interdisipliner hukum, yang antara lain berupa pendekatan sosio-legal. Menurut Shidarta, pendekatan sosio-legal harus dipahami kemunculannya sebagai reaksi atas kekurangan yang ada di dalam formalisme hukum. Oleh sebab itu, penelitian sosio-legal pada akhirnya harus dibawa ke ranah kritik terhadap formalisme hukum tersebut. Jika tidak ada kritik semacam itu, kemanfaatan penelitian dengan pendekatan sosio-legal akan dipertanyakan oleh para penstudi hukum. Menurut penulis buku “Metode Penelitian Hukum: Konstelasi dan Refleksi” (Yayasan Obor Indonesia, 2009) ini, pendekatan sosio-legal dalam perkembangannya makin diminati karena mampu mengisi jurang hukum (legal gaps) yang dibiarkan mengangah dan tidak tersentuh oleh pendekatan monodisipliner ilmu hukum dogmatis. (***)


 


IMGP0339-2

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close