People Innovation Excellence

BINUS TERLIBAT DALAM PENYELEKSIAN CALON HAKIM AGUNG 2015

Saat ini sedang berlangsung proses seleksi calon hakim agung untuk mengisi kebutuhan delapan orang hakim Mahkamah Agung RI. Rincian kebutuhan itu meliputi dua orang masing-masing untuk kamar perdata, pidana, dan tata  usaha negara. Sementara untuk kamar agama dan militer masing-masing satu orang hakim.

Dosen BL BINUS, Dr. Shidarta, S.H., M.Hum., ditunjuk untuk menjadi anggota team-reader yang menilai makalah-makalah para calon hakim agung tersebut. Kegiatan penilaian berlangsung pada tanggal 12-13 Februari 2015 di Kantor Komisi Yudisial, jalan Kramat Raya, Jakarta Pusat. Acara dibuka oleh Dr. Taufiqurrahman Syahuri, Komisioner KY bidang rekrutmen hakim, dan kemudian ditutup oleh Kepala Biro Seleksi Hakim Heru Purnomo. Selain Shidarta dari BINUS, ada lima penilai lain yang berpartisipasi dalam penyeleksian ini, yaitu Prof. Topo Santoso, S.H.,M.H., Ph.D., dari Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ade Saptomo, S.H., M.H. dari Universitas Pancasila, Prof. Dr. Sigit Riyanto, S.H., LL.M. dari Universitas Gadjah Mada, Dr. Niken Savitri, S.H., MCL dari Universitas Katolik Parahyangan, dan Susi Dwi Harijanti, S.H., LL.M., Ph.D. dari Universitas Padjadjaran.

Penulisan makalah adalah salah satu bagian saja dari proses rekrutmen hakim agung ini. Pada tes penulisan makalah ini, calon hakim agung diberi kesempatan untuk mengelaborasi pemikiran mereka untuk topik-topik: (1) sensitivitas nurani keadilan hakim agung dalam memutus perkara, (2) pentingnya pendekatan moral, agama, etika, dan kearifan lokal dalam penegakan hukum yang bersumber kepada Pancasila, dan (3) mentalitas hakim agung dalam mewujudkan putusan yang berkeadilan sosial. (***)

Seleksi calon hakim agung RI di Komisi Yudisial, 12 Februari 2015
Seleksi calon hakim agung RI di Komisi Yudisial, 12 Februari 2015

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close