People Innovation Excellence

DISKUSI DAN PELUNCURAN BUKU METODOLOGI HUKUM HAM


Pada tanggal 7 dan 12 Desember 2023, masing-masing bertempat di Hotel Century Park (Senayan Jakarta) dan the Alana (Yogyakarta) berlangsung diskusi dan peluncuran buku “Metodologi Hukum Hak Asasi Manusia”. Buku versi bahasa Indonesia diterbitkan oleh Rajawali Pers (RajaGrafindo Persada, Depok). Buku ini disunting oleh Aksel Tomte dan Eko Riyadi. Salah seorang penulis dari buku ini adalah Shidarta, dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS.

Shidarta hadir dalam kedua acara peluncuran buku, yang penerbitannya didanai oleh the Norwegian Centre for Human Rights. Beliau menyampaikan pokok-pokok bahasan dalam tulisannya mengenai penalaran hukum hak dalam putusan kasus-kasus perdata terkait hak asasi manusia. Seusai paparan, dilakukan diskusi dengan para akademisi, aktivis HAM, dan para aparat penegak hukum berkenaan dengan isu-isu terkait.

Pada acara di Hotel Century Park Jakarta, peluncuran secara resmi dilakukan oleh Duta Besar Norwegia untuk Indonesia Rut Kruger Giverin. Beliau menekankan pentingnya kehadiran buku ini dan berharap dapat berkontribusi dalam membantu peningkatan kesadaran atas hak asasi manusia, khususnya di lingkungan peradilan di Indonesia. Sementara itu, acara di Hotel Alana pada minggu berikutnya dibuka oleh Ketua Mahkamah Agung RI M.Syarifuddin. Beliau juga memberi penghargaan yang tinggi atas buku yang menurutnya baru pertama kali menyoroti aspek metodologi hukum tentang hak asasi manusia.

Diskusi di sesi pleno diisi oleh Prof. Simon Butt (Australia) dan Atnika Nova Sigiro (Komnas HAM) serta Suparman Marzuki (UII). Para penulis buku, yakni Aksel Tomte, Widodo Dwi Putro, Eko Riyadi, Herlambang P. Wiratraman, Sri W. Eddyono, dan Shidarta, kemudian menjadi narasumber untuk sesi-sesi panel. Sementara itu, para pembahas yang hadir pada acara peluncuran di Jakarta adalah Asfinawati (YLBHI) dan M. Tanziel Aziezi (LeIP).

Edisi berbahasa Inggris dari buku ini akan terbit awal tahun depan (2024) dengan judul “International Human Rights and Local Courts: Human Rights Interpretation in Indonesia”. Buku ini diterbitkan oleh Routledge. (***)



 

 

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close