People Innovation Excellence

FGD PENELITIAN HUKUM DENGAN SEJUMLAH MITRA PENELITI KOMISI YUDISIAL


Komisi Yudisial Republik Indonesia, pada tanggal 16 Agustus 2023, bertempat di Hotel Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta, mengadakan focus group discussion (FGD) dengan mengundang para mitra peneliti putusan dari sejumlah perguruan tinggi dan lembaga swadaya masyarakat. Hadir dalam acara ini sebagai fasilitator adalah Shidarta dan Niken Savitri. Keduanya adalah dosen dari Jurusan Hukum Bisnis Universitas Bina Nusantara, Jakarta. Mereka berdua, bersama dengan Arsil dari LeIP menjadi reviewers untuk kegiatan penelitian ini.

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari proyek penelitian Komisi Yudisial RI tahun 2023 yang didesain untuk meneliti 50 putusan para hakim pengadilan tingkat pertama. Lima mitra peneliti dartang dari Universitas Sriwijaya, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Tadulako, Universitas Muhammadiyah Malang,  Institute for Criminal Justice Reform (ICJR).  Luaran dari penelitian ini, selain berupa laporan akhir penelitian, juga berupa artikel jurnal. Para peneliti juga diproyeksikan akan ikut sebagai penyaji dalam konferensi Asosiasi Filsafat Hukum Indonesia (AFHI) di Kampus Universitas Sriwijaya (Unsri) pada April 2024. Jurusan Hukum Bisnis BINUS juga menjadi co-host dalam konferensi tersebut.

Dalam kesempatan tersebut disampaikan garis-garis besar mekanisme penelitian yang disepakati akan dilaksanakan. Mitra peneliti diharapkan dapat berfokus pada isu hukum yang memang bertolak dari putusan yang dijadikan objek penelitian. Isu inilah yang dianalisis secara mendalam. Tidak tertutup kemungkinan penelitian ini akan mendapati cukup banyak putusan yang layak diapresiasi, (***)

 

 

 

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close