People Innovation Excellence

DISKUSI PENALARAN HUKUM DENGAN PARA HAKIM PAJAK



Pada Jumat, tanggal 26 Mei 2023, bertempat di Hotel Ibis Styles Jatibening Bekasi, dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS Shidarta, diundang menjadi narasumber untuk memberikan topik penalaran hukum di hadapan para hakim pengadilan pajak. Acara tersebut merupakan bagian dari Pelatihan Teknis Hukum Perpajakan Berdimensi Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH) yang diselenggarakan oleh Komisi Yudisial Republik Indonesia. Pelatihan yang berlangsung sejak tanggal 25-28 Mei 2023 ini dihadiri oleh 73 hakim Pengadilan Pajak. Untuk mengefektifkan dan menghidupkan suasana diskusi, materi penalaran hukum ini dibagi dalam dua kelas berbeda dengan masing-masing berlangsung selama dua sesi, mulai dari pukul 09:00 dan berakhir pukul 18:00, diselingi beberapa saat untuk ishoma.

Shidarta menggunakan kesempatan tersebut untuk mendiskusikan hal-hal mendasar dalam penalaran hukum, yang ternyata menjadi bahan diskusi menarik, mengingat sebagian besar dari para hakim tersebut tidak memiliki latar belakang pendidikan hukum. Dari 73 hakim pajak yang mengikuti kegiatan itu, tercatat hanya sekitar 10 orang sarjana hukum. Antusiasme para hakim ini membuktikan pelatihan teknis demikian memang dipandang bermanfaat untuk mereka ikuti. Selain topik tentang penalaran hukum, mereka juga diajak membahas kasus-kasus perpajakan yang relevan dengan pekerjaan para hakim tersebut, dihadapkan dengan isu-isu penegakan KEPPH.




 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close