People Innovation Excellence

PROSPEK BELAJAR HUKUM DI PERGURUAN TINGGI

Sekolah Menengah Atas PAHOA Gading Serpong, Tangerang, dalam acara “open-house”-nya tanggal 4 Oktober 2014 telah mengundang Ketua Jurusan Business Law BINUS, Dr. Shidarta, S.H., M.Hum. untuk menyampaikan paparan tentang prospek belajar hukum di perguruan tinggi. Paparan disampaikan kepada beberapa siswa yang sudah menyatakan minat untuk meneruskan studi dengan kuliah di jurusan/fakultas hukum. BINUS merupakan salah satu alternatif bagi para siswa ini, di samping beberapa perguruan tinggi lain yang tersebar di Jakarta dan Bandung.

Kepada para siswa ini, Shidarta menjelaskan tentang apa dan bagaimana belajar hukum di program sarjana (S-1), serta sejumlah profesi yang bisa mereka tekuni setelah lulus dari program studi tersebut. Dikemukakannya bahwa sarjana hukum yang lulus dengan pengetahuan dan keterampilan yang baik tidak bakal sulit memperoleh atau menciptakan lapangan pekerjaan. “Lulusan program studi hukum tidak pernah mengalami masa paceklik,” demikian Shidarta meyakinkan para siswa ini. Hal ini terjadi karena ilmu hukum berhubungan erat dengan dimensi relasional antar-manusia. Artinya, makin intensif hubungan itu, maka hukum akan makin dibutuhkan. Kondisi sekarang sudah membuktikan bahwa derajat relasional hubungan antar-manusia telah sangat meningkat. Relasi itu tidak lagi hanya terjadi secara langsung, tetapi juga tidak langsung. Selain itu, hukum juga dibutuhkan karena sumberdaya yang dijadikan objek hubungan hukum juga makin berkurang atau bahkan langka. Jadi, makin kerap sumberdaya ini diperebutkan, maka hukum makin perlu mengatur dan mengatasi konflik-konflik yang muncul.

Berbeda dengan program studi hukum lain yang mengajarkan ilmu hukum secara konvensional dan tidak terfokus, maka di Program Studi Business Law BINUS, rentang masa studi dimanfaatkan secara efisien dan efektif. Mahasiswa bisa menyelesaikan studi antara 3,5 sampai 4 tahun. Di antaranya akan ada masa selama setahun yang dialokasikan untuk magang (internship). Mata-mata kuliah yang diajarkan sudah terseleksi dan ditempatkan secara sistematis, sehingga mudah diikuti oleh para peserta didik.

Dalam kesempatan penyampaian paparannya, Ketua Jurusan Business Law BINUS tersebut didampingi oleh Iskandar Jusuf, S.H., salah seorang pengurus Yayasan Pendidikan dan Pengajaran Pahoa.  Acara open-house SMA Pahoa ini sudah dilakukan untuk kali keempat sejak SMA ini berdiri tahun 2008. (***)

IMG_0119.000IMG_0115.000


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close