People Innovation Excellence

KUNJUNGAN TIM PENELITI BINUS KE BANGKA BARAT





Tim Penelitian dan Pengembangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Kabupaten Bangka Barat, yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A. telah melakukan kunjungan ke kota Mentok, ibukota kabupaten tersebut, pada tanggal 6 s.d. 8 September 2022. Anggota tim dari Jurusan Business Law BINUS yang ikut hadir adalah Shidarta. Tim ini juga beranggotakan dosen-dosen dari berbagai program studi yang semuanya hadir lengkap, yaitu Prof. Dr. Tirta N. Mursitama, Aini Farmania, S.E., MBA, Ph.D., dan Teguh Prasandy, S.Pi., S.Kom, M.Kom., masing-masing dari Jurusan Hubungan Internasional, Manajemen, dan PJJ Sistem Informasi (Business Online Learning).

Dalam rapat tanggal 6 September 2022 yang dihadiri oleh Wakil Bupati Bong Ming Ming, S.E., dibahas antara lain core business yang akan dijalankan oleh BUMD baru tersebut dan apa alasannya. Seperti ditegaskan juga oleh Asisten Sekda Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Heru Warsito, M.Si., sebenarnya ada banyak core business yang potensial untuk dijalankan, tapi sementara ini Pemda fokus dulu ke sektor kepelabuhan, lebih khusus lagi Pelabuhan Tanjung Ular yang saat ini sedang dalam tahap pembangunan. Akan tetapi, nanti pengolahannya bukan secara konvensional, tapi sudah memanfaatkan ICT. Itulah alasan mengapa Pemda Bangka Barat ingin menggandeng BINUS. Ikut diundang dalam pertemuan itu Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, Plt. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah Kabupaten Bangka Barat, Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Bangka Barat, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perindustrian Kabupaten Bangka Barat, Kepala Bagian Ekonomi dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka Barat, Staf Khusus Bupati (Hermansyah, S.H., M.H.), Kepala Unit Metalurgi Muntok PT. Timah Tbk. dan Kantor Kesyahbandaran, Otoritas Pelabuhan Kelas IV Muntok, dan Tim Pengawas Kajian Penelitian dan Pengembangan BUMD.

Tim kemudian melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Tanjung Ular di Desa Air Putih, Kecamatan Muntok, ditemani sejumlah jajaran Pemda. Selain berdiskusi tentang fasilitas pelabuhan itu, tim juga diterima oleh pihak kontraktor PT Sena Sanjaya. Pelabuhan ini dinyatakan telah 90% selesai untuk kemudian dimanfaatkan menjadi pelabuhan pengumpul. Jalan tembus sejauh 18 km juga sudah dibangun ke arah pelabuhan itu, bersimpangan dengan km 9 (pal 9) di jalan raya yang menghubungkan kota Mentok menuju Pangkal Pinang. Pada tanggal 7 September 2022, tim sempat berada di ujung jalan selebar 30 meter tersebut. Jalan yang masih belum diaspal ini masih kurang 3 km lagi untuk dapat tembus sampai ke pelabuhan.

Selepas kunjungan di pelabuhan, tim juga diajak meninjau Pesanggrahan Bukit Menumbing (dulu Berghotel) tempat pembuangan tokoh-tokoh pejuang kemerdekaan RI, dan Masjid Jami’ di pusat kota Mentok yang bersebelahan dengan kelenteng tua Kong Fuk Miau di kota itu. Kedua rumah ibadah yang masuk cagar budaya ini menjadi simbol kerukunan umat beragama di kota yang sudah berusia 288 tahun tersebut. Pada malam harinya, tim diterima oleh Bupati Bangka Barat H. Sukirman, S.H., di rumah dinas beliau.

Penelitian tentang BUMD ini sendiri diharapkan dapat selesai dalam kurun waktu 10 minggu ke depan. Untuk itu, tim berharap dapat memperoleh data yang diperlukan secepat mungkin agar dapat dilakukan analisis dan penulisan laporan. (***)






 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close