People Innovation Excellence

SEMINAR INTERNASIONAL PANEL LOF20L MENARIK MINAT BANYAK ALUMNI DAN MAHASISWA




 





Pada tanggal 5 Agustus 2021, mulai pukul 15:00-18:00 wib berlangsung sesi panel dari seminar internasional yang dikelola oleh Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS dengan mengusung tema Law of the Future and the Future of Law (LoF2oL). Dalam seminar ini tampil sebanyak 18 makalah yang lolos seleksi yang kemudian terbagi dalam empat breakout room. Menarik bahwa seminar internasional ini menarik cukup banyak minat alumni dan mahasiswa dari internal Jurusan Hukum Bisnis BINUS untuk tampil membawakan makalah dalam bahasa Inggri. Peserta dari luar antara lain datang dari Surabaya dan beberapa perguruan tinggi swasta di Jakarta.

Acara pembukaan ditandai dengan sambugtan dari Prof. Dr. iur Stefan Koos (visiting professor dari Bundeswehr University, Munich, Germany) dan Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A. (Head of Business Law Department). Prof. Koos menunjukkan rasa bahagianya dapat hadir dalam acara ini langsung secara daring dari Jerman dan ikut dalam salah satu sesi sampai selesai. Ia ingin ajang ini menjadi pengalaman bagi mahasiswa-mahasiswa hukum bersentuhan dengan aspek internasional. Selanjutnya Dr. Ahmad Sofian menekankan bahwa acara ini sebenarnya sudah pernah diadakan beberapa tahun lalu dan ini adalah kali kedua, namun formatnya digabung dengan acara webinar internasional di bawah organisasi LLDIKTI III Jakarta yang membawahi Konsorsium Publikasi Ilmiah Bidang Hukum.

Empat breakout room kemudian dimoderatori oleh pasangan dosen dan alumni, serta mahasiswa Jurusan Hukum Bisnis BINUS, yaitu: (1) Siti Yuniarti dan Barry Benjamin Renata, (2) Vidya Prahassacitta dan Audrey Adani, (3) Stijn Cornelis van Huis dan Rifky Aditya Nugroho, dan (4) Nirmala Many dan Meisya Syafira Kandita. Luaran dari seminar ini adalah publikasi nasional dan/atau internasional sesuai dengan kebutuhan para penyaji makalah. Daftar pemakalah dan judul makalah adalah sebagai berikut:

BREAKOUT ROOM 1

No. Presenter Title
1 Sheelna Azheema Huda,

Febrina Dwi Hendrawani

 

Illegal Access as a Tool to Spreading Hoax on Covid-19 Pandemic
2 Darma Dwi Cahyo,

Graciela Natasha, Zefanya Annabella

The Impact of Artificial Intelligence in National Law

 

3 Adinda Putri Octavia,

Precia Jacey, Zahra Latifah

 

Safe Harbor Policy in Indonesia and The Comparison With Safe Harbor Agreement and Privacy Shield UA and EU
4 Mitha Diant Pratiwi,

Alifa Nadella Ayudhitta

 

Covid-19: Protection of Personal Data in Telepharmaceutical Services

 

BREAKOUT ROOM 2

No. Presenter Title
1 Alviana Rizky Agreement Between PLN and Consumers Based on Article 18 of Law No. 8 of 1999 and The Principles of Accountability
2 Muhammad Reza Syariffudin Zaki,

Marcelino Alfrediko Slaat

Local Currency Exchange Bilateral Agreement Between Indonesia and China
3 Paulus Aluk Fadjar Dwi Santo, Nabila Legal Comparison of Short Selling Transactions in Indonesia and The United States of America

 

4 Hamasah Ramadhani Hadid The Definitions of Cartel and Their Effects on Enforcement of Business Competiton Law in Indonesia (Comparative Study with German Law)
5 Nenden Lucia Mansyur A Legal Comparison between the Indonesian and European Union Competition Laws on Predatory Pricing (Case: European Commision-AT39711)

 

BREAKOUT ROOM 3

No. Presenter Title
1 Agus Riyanto, Suwardi Insider Trading Laws and Enforcement
2 Agus Riyanto, Nyoman PA Vitaloka Transparency of The Board of Directors In Self-Dealing Transaction
3 Alvina Horas Application of Principle Business Judgement Rule on Directors Act in Indonesia and America
4 Ella Silvia,

Zudan Arief Fakhrulloh,

Faisal Santiago, Yunan Prasetyo Kurniawan

Legal Frameworks and Civil Society: A Proven Catalyst Mixture on Suppressing Money Politics Practice

 

 

BREAKOUT ROOM 4

No. Presenter Title
1 Agus Riyanto, Trengginas Teges Tumindak The Responsibilities of The Board of Directors to Hostile Takeover in Indonesia & Australia

 

2 Agus Riyanto, Miranda Carolina The Board of Directors’ Position and Settlement of Conflict of Interest In Indonesia and Australia
3 Agus Riyanto, Mustika Sari Kurniawan The Enforceability of Piercing The Corporate Veil Doctrine Regarding to The Personal Liability of The Company’s Board of Directors
4 Mustika Sari Kurniawan The expropriation Arrangements and Factors Affecting Minority Shareholders’ Expropriation Actions in Indonesia (Case Study: PT Sumalindo Lestari Jaya, Tbk.)

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close