People Innovation Excellence

DISKUSI PEMBIMBINGAN SKRIPSI BERBENTUK PENELITIAN PUTUSAN HAKIM DI UNESA


Shidarta, dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, pada tanggal 16 Juli 2021 diundang oleh Jurusan Hukum Universitas Negeri Surabaya (Unesa) untuk memberikan materi dalam workshop peningkagtan kualitas pembimbing penulisan skripsi. Beliau diminta oleh panitia secara khusus membahas tentang analisis putusan hakim.

Workshop ini dihadiri oleh para dosen di Jurusan Hukum Unesa. Tampak hadir juga Ketua Jurusan Hukum Unesa, Arinto Nugroho,S.Pd,, S.H., M.H.

Dalam paparan dan diskusi yang berlangsung lebih dari dua jam tersebut, dibahas tentang kiat-kiat dalam penelitian hukum yang berbasis putusan hakim. Pada kesempatan itu Shidarta memberi contoh pencarian celah hukum (legal gap) yang dapat diangkat sebagai rumusan masalah penelitian putusan hakim. Ia juga menunjukkan cara sederhana yang dapat dilakukan oleh para mahasiswa dalam membaca putusan hakim tanpa harus kehilangan fokus pada objek analisis. Pada akhirnya, ia menyinggung tentang pembentukan kaidah penemuan hukum yang seharusnya ditemukan dalam putusan-putusan yang menarik untuk diteliti. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close