People Innovation Excellence

DIES NATALIS KE-10 BUSINESS LAW


Pada tanggal 5 Juni 2021, tepat 10 tahun lalu, Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS mendapat izin untuk didirikan dan sejak itu aktif berkiprah melayani pendidikan tinggi hukukm di Tanah Air. Ulang tahun (dies natalis) ke-10 ini diperingati secara sederhana, dihadiri oleh pimpinan universitas, fakultas, para dosen, alumni, dan para mahasiswa. Tradisi mengadakan dies natalis ini secara konsisten dilaksanakan setiap tahun dan tahun 2021 ini merupakan pelaksanaan yang khusus karena berlangsung virtual seperti tahun sebelumnya.

Bertindak sebagai orator dalam acara dies kali ini adalah Dr. Stijn Cornelis van Huis, M.A. Beliau membawakan orasi dengan judul “Law and Interdisciplinarity in A Time of Transformartion: the ‘New Normal’ at Law Institution of Higer Education”.  Lecturer Specialist di Jurusan Hukum Bisnis BINUS ini adalah lulusan Leiden University Belanda yang sejak dua tahun lalu bergabung memperkuat barisan pengajar di Jurusan Hukum Bisnis BINUS. Dalam orasinya, Stijn van Huis mengemukakan pengamatannya atas pendidikan tinggi hukum, khususnya yang ia alami sejak bergabung di BINUS University. Sejalan dengan bidang studi yang ditekuninya, ia merekomendasikan pentingnya pendekatan interdisipliner dalam pendidikan tinggi hukum. Jurusan Hukum Bisnis BINUS memang sudah lama menyadari hal ini, sehingga di dalam kurikulumnya juga terdapat materi pembelajaran ilmu-ilmu empiris tentang hukum.

Rektor BINUS University Prof. Dr. Ir. Harjanto Prabowo, M.M. dan Dekan Fakultas Humaniora Dr. Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si., berkenan menyampaikan kata sambutan. Rektor pada kesempatan tersebut menyampaikan rasa bangganya kepada jurusan ini karena telah membuktikan dirinya mampu berkarya, sekalipun dalam usia yang masih relatif muda. Beliau menitipkan pesan agar jurusan ini dapat adaptif terhadap perkembangan yang terjadi sekarang ini, yang dipicu oleh Industry 4.0 dan pandemi. Hal ini juga digarisbawahi oleh Dekan Fakultas Humaniora, yang menekankan perlunya jurusan ini memanfaatkan keunikan fakultas ini yang di dalamnya terdapat tujuh jurusan dan satu unit pendukung. Beliau menitip pesan agar jurusan Hukum Bisnis BINUS dengan program studi hukumnya dapat makin diakui, yakni menjadi program studi unggul.

Ketua Jurusan Hukum Bisnis Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A. kemudian menyampaikan laporan perkemgangan jurusan untuk satu tahun terakhir ini. Ia mencatat beberapa kemajuan di bidang kedosenan, pengajaran, penelitian, dan kerja sama. Ia mencatat secara khusus publikasi yang sudah dihasilkan dan beberapa prestasi mahasiswa tingkat internasional. Ia juga menyebut alumni yang telah mengharumkan nama almamater. Pemanfaatan media sosial di jurusan ini juga makin berkembang dalam satu tahun terakhir.

Pada acara dies ini juga diberikan penghargaan kepada mahasiswa yang berhasil memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) tertinggi (Suwardi; Miranda Carolona; Muhammad Haykal), mahiswa yang teraktif di kelas menurut penilaian para dosen (Muhammad Haykal; Rahma Christabel Abilah; Khansa Nur Aidah), alumni berprestasi (Yurike Yuki, S.H.), dan mitra industri terbaik (Dedy Kurniadi, S.H., M.H.).(***)


 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close