People Innovation Excellence

PELATIHAN DATA PROTECTION OFFICER (DPO)


 

Selama tiga hari berturut-turut, yakni tanggal 23-25 Februari 2021, secara daring (online) dilaksanakan pelatihan data protection officer (DPO) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Profesional Privasi Data Indonesia (APPDI) bekerja sama dengan Schinder Law Firm. Salah satu dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta mengikuti pelatihan ini. Bertindak sebagai fasilitator selama pelatihan adalah Prof. Abu Bakar Munir (University of Malaya) dan Prof. Dr, Ida Bagus Rahmadi Supancana (Universitas Katolik Atma Jaya, Jakarta).

Selama tiga hari pelatihan tersebut, disampaikan sebanyak 10 modul pelatihan berupa: (1) Data Protection Officer: Duties and Functions, (2) Introduction to Privacy and Data Protection, (3) International, Regional and National Data Protection Regimes; (4) Personal Data Protection law in Indonesia; (5) Data  Protection: Rules and Obligations of Companies; (6) Collection Notices and Privacy Policy/Data Protection Policy; (7) Rights of Data Subjects; (8) Security of Data Processing and Managing Data Breaches; (9) Data Transfers, dan (10) Supervision, Enforcement and Remedies. Usai mengikuti pelatihan ini, setiap peserta akan diwajibkan mengikuti ujian untuk mendapatkan sertifikasi sebagai certified data protection officer. 

Ketika dimintai kesan-kesannya selepas mengikuti pelatihan ini,  Shidarta menyatakan bahwa materi pelatihan ini memiliki arti sangat penting untuk diperhatikan oleh para pengendali data pribadi, tidak terkecuali perguruan-perguruan tinggi. Di lembaga pendidikan, ada banyak data pribadi siswa/mahasiswa, guru/dosen, dan tenaga kependidikan yang membutuhkan kehati-hatian di dalam pengendaliannya, sejak saat perolehan sampai nanti ketika harus dimusnahkan. Tidak banyak kepedulian tentang hal ini, sehingga bahkan data yang sensitif dapat saja berseliweran secara tidak terkontrol.  Apalagi jika perguruan tinggi itu melibatkan pihak eksternal sebagai prosesor data, yang makin membuka celah rentannya data itu mengalami penyalahgunaan. Ditambahkannya, bahwa sudah saatnya semua pihak, termasuk perguruan tinggi seperti BINUS, mempertimbangkan untuk memiliki DPO tersebut. (***)


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close