People Innovation Excellence

LOMBA PENULISAN ESAI TENTANG TAIWAN

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA PENULISAN ESAI POPULER INI DAPAT DILIHAT PADA TAUTAN BERIKUT:

https://business-law.binus.ac.id/2020/09/26/lomba-penulisan-esai-populer-taiwan-dari-kaca-mata-indonesia/

SELAMAT KEPADA PARA PEMENANG!


 

Taiwan Studies Project (TSP) yang dimotori oleh tiga jurusan di Fakultas Humaniora BINUS University, yaitu Jurusan Hubungan Internasional, Jurusan Sastra China, dan Jurusan Hukum Bisnis, menyelenggarakan LOMBA PENULISAN ESAI POPULER.

Kerangka Acuan Kerja (term of reference) dari lomba tersebut dapat dibaca secara lengkap dalam paparan di bawah ini.


KERANGKA ACUAN KERJA LOMBA PENULISAN ESAI POPULER

Latar Belakang

Bagi banyak warga Indonesia, Taiwan adalah sebuah fenomena. Ia adalah sebuah entitas politik, ekonomi, sosial dan budaya, yang perannya cukup diperhitungkan. Investasi Taiwan di Indonesia ada dalam urutan ke-18 (BKPM, 2019) dan diperkirakan akan merangkak naik ke dalam kelompok 10 besar. Bidang usaha yang digeluti antara lain berupa industri karet, plastik, tekstil, kimia, farmasi, logam, elektronik, dan alat kesehatan, berlokasi terbesar di Provinsi Jawa Barat, diikuti kemudian di Provinsi Banten, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, dan Jawa Tengah.

Warga Indonesia yang berkunjung untuk berwisata, belajar, dan bekerja di Taiwan juga terus meningkat. Saat ini ada sekitar 500.000 warga Indonesia yang ada di Taiwan. Bahkan, akhir-akhir ini berkembang pesat program pertukaran pelajar dan mahasiswa. Anak-anak muda Indonesia makin melirik Taiwan sebagai alternatif tempat belajar yang tidak kalah atraktif dibandingkan dengan Eropa dan Amerika Serikat. Minat ini sejalan pula dengan upaya Taiwan untuk menjalin hubungan yang makin erat dengan mitra-mitra strategis mereka, khususnya melalui kebijakan baru untuk melihat ke Selatan (New Southbound Policy).

Upaya mempererat hubungan Taiwan dan Indonesia ini, juga dilakukan melalui jalur pendidikan. Di Universitas Bina Nusantara (BINUS University) sejak tiga tahun terakhir telah ditumbuhkan perhatian yang serius pada studi-studi mengenai hubungan Indonesia-Taiwan dalam wadah Proyek Studi tentang Taiwan (Taiwan Studies Project; TSP). Sejumlah riset, temu-ilmiah, dan publikasi telah digagas dan dijalankan. Proyek ini juga memfasilitasi generasi muda Indonesia untuk makin memahami Taiwan, demikian pula sebaliknya.

Terkait dengan misi tersebut, maka  TSP BINUS University mengajak berbagai kalangan untuk mengungkapkan pandangan dan/atau pengalaman masing-masing dalam menyoroti hubungan Taiwan dan Indonesia. Ungkapan itu dituangkan dalam bentuk esai populer dengan tema “Taiwan dari Kaca Mata Indonesia”. Rincian tentang lomba penulisan esai populer ini adalah sebagai berikut:

Subtema (antara lain, tetapi tidak terbatas pada):

  1. Daya tarik budaya (film, kuliner, dll.) dan kehidupan masyarakat di Taiwan;
  2. Sisi positif dari Taiwan yang layak ditiru;
  3. Budaya disiplin dan kepatuhan hukum masyarakat Taiwan;
  4. Pengalaman berwisata di Taiwan;
  5. Pengalaman belajar di Taiwan;
  6. Pengalaman bekerja di perusahaan Taiwan (baik di Indonesia atau di Taiwan).

Peserta

Lomba ini terbuka untuk seluruh warga negara Indonesia. Tidak ada pembatasan usia dan latar belakang pendidikan. Tidak juga ada keharusan peserta harus pernah berkunjung atau tinggal di Taiwan. Tulisan dapat dibuat secara individual atau bersama (maksimal tiga orang). Satu penulis boleh mengirimkan lebih dari satu tulisan, namun untuk subtema yang berbeda.

Karakteristik Esai

Esai ini bersifat populer, dengan penekanan pada pandangan personal dalam rangka membangun optimisme terkait hubungan Taiwan-Indonesia. Esai ditulis dalam bahasa Indonesia dengan jumlah 1.000 s.d. 1.500 kata, dengan format bebas. Esai diberi judul menarik (tidak lebih dari 10 kata) diikuti dengan nama penulis, akun-email penulis, dan asal institusi (jika ada).  Esai populer ini tidak mensyaratkan adanya sistematika (pembagian) naskah tulisan ke dalam bab atau subbab/subpokok bahasan dan daftar pustaka. Sekalipun demikian, penulis wajib mencantumkan referensi, apabila ada data/informasi yang dikutip berasal dari sumber lain.

Penjurian

Semua naskah esai yang telah diterima akan dinilai oleh dewan juri (double-blind review process). Juri adalah sosok independen dari luar BINUS University, yaitu:

  1. Harryanto Aryodiguno, Ph.D. (President University)
  2. Theresia Dyah Wirastri, Ph.D. (Universitas Indonesia).

Hadiah Lomba

  1. Semua penulis yang telah mengirimkan naskah dalam tenggat waktu lomba ini, akan mendapatkan sertifikat penghargaan (e-certifcate of appreciation) dari BINUS University.
  2. Khusus untuk Pemenang 1, 2, dan 3 dari lomba penulisan esai ini akan mendapatkan hadiah masing-masing berupa uang tunai Rp 5.000.000,-; Rp.3.000.000,- dan Rp.2.000.000,-; disertai sertifikat pemenang (e-certificate of achievement) dari BINUS University;
  3. Hadiah juga diberikan bagi tiga pemenang harapan, masing-masing mendapatkan hadiah uang Rp1.000.000,-; disertai sertifikat pemenang dari BINUS University;
  4. Juri juga akan memilih 30 (tiga puluh) tulisan terbaik yang layak untuk diterbitkan dalam buku kompilasi esai populer “Taiwan dari Kaca Mata Indonesia” (e-book).  Penerbitan buku direncanakan pada November 2020.
  5. Pengumuman pemenang akan disampaikan pada tanggal 30 September 2020.

Pengiriman Esai

Esai dikirimkan dalam bentuk softcopy (files) format words dan pdf, ke email: lombaesaitaiwan2020@gmail.com dengan tembusan ke: shidarta@binus.edu. Batas waktu penerimaan esai adalah tanggal 31 Agustus 2020. Info lebih lanjut dapat ditanyakan melalui WA pada: Shidarta (0818861497).


 

Sekilas tentang apa itu ESAI DAN ESAI POPULER, silakan baca artikel dalam tautan berikut:

https://business-law.binus.ac.id/2020/07/01/esai-dan-esai-populer/

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close