People Innovation Excellence

PENGUMUMAN PEMENANG LOMBA PENULISAN ESAI POPULER TAIWAN DARI KACA MATA INDONESIA

Dewan Juri Lomba Penulisan Esai Populer “TAIWAN DARI KACA MATA INDONESIA” yang terdiri dari:

  1. Harryanto Aryodiguno, Ph.D. (President University)
  2. Theresia Dyah Wirastri, Ph.D. (Universitas Indonesia).

telah menyelesaikan tugas mereka untuk menilai puluhan esai yang masuk, yang datang dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri. Untuk menjaga objektivitas, dalam proses penjurian tersebut, kedua juri melakukan penilaian naskah berdasarkan nomor file, tanpa identitas apapun dari penulis (the blind judging process).

Kedua juri pada akhirnya berhasil menetapkan 30 (tiga puluh) esai terbaik. Dari 30 esai tersebut, telah dipilih 6 (enam) peraih nilai tertinggi untuk menjadi: PEMENANG 1, 2, dan 3; serta 3 (tiga) PEMENANG HARAPAN.

  • PEMENANG 1:  Kode peserta 01-0711: Jenniva Ong, dengan esai berjudul: “Belajar dari Taiwan: Penanganan Covid-19.”
  • PEMENANG 2: Kode peserta 12-0831: Nike Kusumawanti, dengan esai berjudul: “Implementasi Prinsip ‘Mother Tounge’ dan Homeland Education’ sebagai Kebijakan Dasar Pendidikan di Taiwan.”
  • PEMENANG 3: Kode peserta 03-0831: Zaki Rasyid, dengan esai berjudul: “Taipei dan Segala Kenangan di Dalamnya.”
  • PEMENANG HARAPAN: Kode peserta 01-0827: Rana Dita Rianti, dengan esai berjudul “Lembaran Baru di Kota Kaohsiung.”
  • PEMENANG HARAPAN: Kode peserta 06-0830: Haris Elsie dan Nikodemus Oktavianus Budiman, dengan esai berjudul “Pesona Taiwan: Sistem Pengelolaan Sampah yang Unik.”
  • PEMENANG HARAPAN: Kode peserta 02-0611: Tate Agape Bawana, dengan esai berjudul “Truk Sampah ‘Nyentrik’, Buang Sampah Jadi ‘Asyik’.”

Selengkapnya 30 (tiga puluh) tulisan terbaik tersebut adalah:

  1. Semua pengirim esai, termasuk selain 30 (tiga puluh) penulis esai di atas, akan mendapatkan sertifikat penghargaan (e-certifcate of appreciation) dari BINUS University atas partisipasinya dalam lomba ini. E-certificate akan dikirim via email ke akun email masing-masing.
  2. Pemenang 1, 2, dan 3 dari lomba penulisan esai ini mendapatkan hadiah masing-masing berupa uang tunai Rp 5.000.000,-; Rp.3.000.000,- dan Rp.2.000.000,-; disertai sertifikat pemenang (e-certificate of achievement) dari BINUS University;
  3. Tiga pemenang harapan, masing-masing mendapatkan hadiah uang Rp1.000.000,-; disertai sertifikat pemenang (e-certificate of achievement) dari BINUS University.
  4. Panitia segera menghubungi para pemenang di atas guna proses pengiriman hadiah.
  5. Sebanyak 30 (tiga puluh) tulisan terbaik di atas dinilai layak untuk diterbitkan dalam buku kompilasi esai populer “Taiwan dari Kaca Mata Indonesia” (e-book).  Penerbitan buku direncanakan pada November 2020 dengan translasi ke dalam tiga bahasa (Indonesia, Inggris, dan Mandarin). Apabila telah terbit, edisi e-book tersebut akan dikirimkan ke para penulis. Buku ini juga akan diserahkan ke pihak-pihak terkait di Taiwan dalam rangka mempererat hubungan antara Indonesia dan Taiwan.
  6. Untuk semua proses lomba ini TIDAK ADA BIAYA APAPUN yang dibebankan kepada para peserta.
  7. TAIWAN STUDIES PROJECT (TSP) BINUS University, mengucapkan terima kasih kepada semua peserta yang telah mengirimkan esai di dalam lomba ini. Semoga tetap semangat untuk terus berkarya!

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close