People Innovation Excellence

BEDAH BUKU AJARAN KAUSALITAS DI UNIVERSITAS IBA PALEMBANG

Fakultas Hukum Universitas IBA Pelembang bekerjasama dengan Jurusan Hukum Bisnis BINUS University mengadakan Bedah Buku karya Dr. Ahmad Sofianyang berjudul “Ajaran Kausalitas Hukum Pidana”. Sebagai pembanding dalam Bedah Buku ini adalah dua orang dosen Fakultas Hukum IBA yaitu STA. Latief Hasjim, S.H. M.Hum dan Santriana, S.H., M.H.

Acara ini sendiri dibuka oleh Dekan Fakultas Hukum IBA yang diwakili oleh Wakil Dekan I.

Dalam bedah buku ini diadakan tanggal 21 Juni 2019 dan dihadiri oleh lebih kurang 50 orang peserta dari kalangan mahasiswa, alumni, dosen serta beberapa pengacara dan undangan lainnya.

Dalam pemaparannya Dr. Ahmad Sofian, menyampaikan bahwa buku “Ajaran Kausalitas Hukum Pidana” merupakan satu karya tulis disertasi yang kemudian dijadikan buku karena permintaan banyak pihak agar penelitian ini diterbitkan. Buku ini merupakan buku paling lengkap dan pertama di Indonesia yang membahas ajaran kausalitas secara tuntas. Buku ini memandu penegaka hukum dalam menemukan kebenaran materiil. Buku ini juga memandu insan hukum lainnya untuk dapat berfikir logis dan sistematis sehingga tidak tersesat dalam berlogika.

STA.Latief maupun Santriana memberikan tanggapan bahwa dalam banyak hal sering sekali sulit menemukan perbuatan yang  menjadi sebab yang menimbulkan akibat yang dilarang, sehingga adakalanya putusan pengadilan menjadi dirasakan tidak adil oleh masyarakat. Salah satu penyebabnya adalah karena pengadilan gagal dalam menemukan perbuatan yang menjadi sebab atau doktrin kausalitas tidak tidak digunakan dalam menemukan perbuatanyang yang menjadi sebab. Oleh karena itu, ajaran ini menjadi sangat penting dan berguna dalam kasus-kasus yang penyebabnya jamak dan rumit.

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close