People Innovation Excellence

PERLINDUNGAN HAM DI INDUSTRI PARIWISATA

Jurusan Hukum Bisnis, Universitas Bina Nusantara, bekerjasama dengan Ditjenham Kementerian Hukum dan HAM RI, ELSAM dan dengan dukungan Kedutaan Besar Denmark, mengadakan seminar nasional tentang perlindungan HAM di Destinasi Wisata yang diadakan tanggal 6 Desember 2019 di Kampus Binus Syahdan. Secara spesifik seminar ini mengambil fokus pada “Menelaah Potensi dan Tantangan dalam Penerapan Wisata Berkeadilan (Justice Tourism) di Indonesia”

Latar belakang diadakannya seminar ini adalah karena dipengaruhi oleh pembangunan sektor pariwisata yang digalakan Pemerintah perlu dipastikan sesuai dengan prinsip-prinsip hak asasi manusia (HAM).

Selain itu, generasi muda sebagai agent of change perlu didorong untuk memahami konsep bisnis dan HAM guna mewujudukan hal tersebut.

Kegiatan ini sendiri diadakan dalam rangka memperingati Hari Hak Asasi Manusia Internasional ke-71. Secara resmi kegiatan ini dibuka oleh Dirjen HAM kementerian Hukum dan HAM yaitu Dr. Mualimin Abdi, SH, MH. Selain itu dari Binus juga hadir Dr. Johanes Rumeser mewakili Rektor BINUS yang memberikan sambutan dalam kegiatan ini. Sementara itu ada tiga narasumber yang diundang yaitu Dr. Besar, SH,MHum (Business Law BINUS), Wendy Tarigan, SE, MM,MBA dan Eko Cahyono (Sayogyo Institute) dan dimoderatori oleh Ratu Doratun Nafisah (ELSAM).

Secara khusus kesimpulan dari kegiatan ini adalah instrumen hak asasi manusia seharusnya jadi panduan dalam mengembangkan destinasi pariwisata sehinggs esensi keadilan dapat terwujud serta tereliminasinya pelanggan HAM yang merusak reputasi pariwisata itu sendiri.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close