People Innovation Excellence

MASUKAN MAHASISWA DAN ALUMNI UNTUK PERBAIKAN KURIKULUM



Pada tanggal 14-15 Februari 2019, Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS mengundang mahasiswa tingkat akhir (sedang menunggu ujian skripsi) dan alumni untuk memberi masukan pada kurikulum, khususnya pada distribusi mata kuliah dan metode pembelajaran. Juga disinggung hal-hal terbaru terkait kebijakan pemberian mata kuliah character building, entrepreneurship, dan internship.

Dalam diskusi tersebut, para mahasiswa mencatat beberapa mata kuliah yang menurut mereka perlu lebih diperhatikan kesesuaiannya dengan program studi hukum, yakni mata kuliah-mata kuliah character buliding. Mereka meyakini bahwa substansi mata kuliah ini penting, tetapi jika diberikan sama tanpa memperhatikan karakteristik program studi, akan sangat menyulitkan bagi mahasiswa untuk merefleksikannya bagi kepentingan studi mereka di BINUS. Mata kuliah lain yang juga diberi catatan yang sama adalah entrepreneurship. Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diminta membuatkan business plan, tetapi mahasiswa hanya menyiapkannya sekadar untuk dapat lulus dalam mata kuliah ini tanpa keinginan untuk mewujudkannya sebagai usaha bisnis mereka.

Mahasiswa yang akan lulus tersebut juga berkesempatan untuk mendapat pembekalan dari para dosen dan senior mereka (para alumni) dalam hal menyiapkan diri menghadapi tantangan dunia kerja di masa depan. Ketua Jurusan Hukum Bisnis, Shidarta, menekankan pentingnya semua lulusan hukum BINUS untuk memperhatikan etika profesi karena setelah mereka menyelesaikan studinya di BINUS, tidak lalu hubungan dengan almamaternya berakhir begitu saja. “Branding BINUS sangat bergantung pada kiprah alumninya di lapangan,” ujar Shidarta. “Saat ini, branding alumni ini belum bisa kami andalkan karena jumlah alumni hukum yang masih sedikit. Oleh sebab itu, perannya saat ini lebih ditekankan pada para dosen, sehingga setiap dosen wajib memiliki branding keilmuan masing-masing,” tambah Shidarta saat memotivasi para mahasiswa yang hadir. Motivasi yang sama diberikan oleh M. Battleson, Reza Zaki, dan Nirmala Marsilamany.

Mahasiswa yang hadir pada acara ini antara lain adalah Anthony, Putri Olomoan, Felix, Rizky, Joy Munthe, Reimo Putra Advokat, Adinia, Gina, dan Abay. Alumni yang ikut antara lain Gde Juan dan Emir Emerald. Para alumni memberi kabar yang baik tentang kemampuan mereka menyesuaikan diri saat bekerja di berbagai kantor hukum (lawfirms/-offices) atau di divisi legal sejumlah perusahaan besar. Hal ini menunjukkan bahwa konstelasi mata kuliah yang ditawarkan di Jurusan Hukum Bisnis BINUS sudah sangat relevan dan mendukung.

Acara yang berlangsung di Puri Avia, Megamendung, Bogor ini dihadiri oleh sebagian besar dosen Jurusan Hukum Bisnis, yaitu Shidarta, Besar, Paulus Aluk Fajar, Ahmad Sofian, Abdul Rasyid, Nirmala Marsilamany, Erni Herawati, Erna Ratnaningsih, Vidya Prahassacitta, Iron Sarira, Reza Zaki, dan M. Battleson. Dalam kesempatan ini, dosen-dosen juga menyempatkan diri untuk melakukan vidoe call dengan Academic Resource Center (ARC) BINUS untuk berkonsultasi tentang penambahan mata kuliah pada kurikulum program studi S-1 hukum pada tahun 2019 dan kemudian revisi yang lebih komprehensif untuk kurikulum 2020. (***)



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close