People Innovation Excellence

DOSEN BUSINESS LAW MENJADI JURI LOMBA DI MAHKAMAH KONSTITUSI




Dr. Ahmad Sofian, SH, MA, dosen tetap Jurusan Hukum Bisnis, BINUS University menjadi salah satu juri dalam Constitutionl Moot Court Competition V yang diadakan oleh Mahkamah Konstitusi bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Tarumanegara, tanggal 26-27 Oktober 2018 di Mahkamah Konstitusi. Pada babak penyisihan ada 10 kelompok peserta yang mewakili dari 10 Universitas yang diundang ke Jakarta mengikuti pembekalan. Setelah itu hanya dipilih 3 kelompok dari 3 universitas untuk mengikuti babak final.

Pada saat final ada dua kasus yang diangkat yaitu uji materiil terhadap Undang-Undang No. 17 tahun 2016 tentang Pemberatan Hukuman bagi Pelaku Kejahatan Seksual Anak dan kasus kedua adalah Uji materiil terhadap Undang-Undang No. 4 Tahun 2016 tentang Tabungan Perumahan Rakyat (UU Tapera). Dalam kedua uji materiil pemohon menyampaikan pokok permohonan dan Termohon menyampaikan keterangan Pemerintah/DPR. Lalu ada proses tanya jawab. Para Juri ditempatkan sebagai Hakim Mahkamah Konsititusi dan diberikan kesempatan untuk mengajukan pertanyaan kepada pemohon, termohon dan para ahli yang dihadirkan dalam sidang tersebut.

Dalam sidang final, Dr. Ahmad Sofian, SH, MA diberikan kesempatan untuk menilai satu pertandingan dan bersama-sama dengan beberapa juri lain dari berbagai universitas di Indonesia yaitu Prof. Dr. I Nyoman Nurjaya, SH, MH., Dr. Tundjung Herning Siabuana, SH, CN., M.Hum; Dr. Ahmad Redi, SH, M.H; Dr. Ihham Hermawan, SH, MH;  Muhidin, SH, MH dan Dr. Ibnu Sin Chandranegara, SH, MH.

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close