People Innovation Excellence

SURVEI DAN KUNJUNGAN DOSEN BINUS KE DUA UNIVERSITAS DI TAIWAN




Pada pertengahan November 2018, tiga dosen BiNUS, salah satunya Shidarta dari Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS melakukan kunjungan ke beberapa univesitas di kota Tainan dan Taipei, Taiwan, dalam rangka melakukan penelitian untuk Taiwan Studies Project. Proyek ini merupakan program berkelanjutan selama tiga tahun, menyangkut penelitian di bidang hukum, hubungan internasional, dan kebudayaan.

Untuk keperluan itu, maka pada tanggal 16 Oktober 2018, Shidarta bersama dengan Ketua Jurusan Sastra China Universitas Bina Nusantara mengunjungi Taiwan Shoufu University di kota Tainan, Taiwan, untuk melakukan survei terhadap para mahasiswa Indonesia yang belajar di universitas tersebut. Ada 40 mahasiswa baru asal Indonesia yang diminta mengisi kuesioner, setelah mereka berada di Taiwan tiba selama dua minggu. Para mahasiswa ini sebagian besar berasal dari Jawa Barat, sebagian kecil dari provinsi lain seperti Jawa Timur, Jawa Tengah, Jakarta, Lampung, dan Papua. Survei diadakan untuk memperoleh data tentang hambatan mereka ketika menjalani proses rekrutmen, pemberangkatan, adaptasi budaya, sampai dengan kendala teknis terkait bahasa dan lain-lain.

Dosen BINUS mendapat kehormatan diterima langsung oleh Wakil Rektor Taiwan Shoufu University, Dai Wen-Shyong, dan beliau memberi akses seluas mungkin untuk berkomunikasi dengan para mahasiswa. Di kampus ini, Shidarta juga sempat merekam satu kuliah tentang filsafat hukum dan mewawancarai seorang praktisi teknologi informasi Jimmy Chen dari Hong Tai Information Technology Co. Ltd. (HTIT).

Keesokan harinya, pada tanggal 17 Oktober 2018, Shidarta bersama dengan Ketua Jurusan Sastra China  BINUS juga mengunjungi National Taiwan Ocean University di kota Taipei dan diterima oleh Ketua Program Magister dalam Kebijakan Maritim (Ocean Policy) Juei-Cheng Jao. Dalam kesempatan tersebut, dibahas beberapa prospek kerja sama yang dapat dirintis antara BINUS dan perguruan tinggi ini, termasuk menjajaki kemungkinan salah satu dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS mengambil program S=2 di bidang hukum maritim di universitas tersebut. Sampai saat ini, ada satu dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, yaitu Nirmala Many yang menekuni area hukum maritim.

Kunjungan ke National Taiwan Ocean University ini juga difasilitasi oleh Kementerian Transportasi dan Komunkasi (MOTC) Taiwan, dalam hal ini oleh Kantor Maritim dan Pelabuhan (MPB). Beberapa petugas dari kantor tersebut, seperti Hshieh Tzu-Chi, Lin Yu-Yu, Huang Ling-Yuh,  sangat membantu pengaturan kunjungan dosen-dosen BINUS.  (***)





Untuk video kuliah yang diambil di Kampus Taiwan Shoufu University, silakan klik tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=Xi5XyntIvAM

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close