People Innovation Excellence

COIL DENGAN UNIVERSITI MALAYSIA PAHANG




Universiti Malaysia Pahang (UMP) yang diwakili oleh Dr. Gan Leong MIng (Deputy Director dari Centre of Instructional Resources & e-Learning) selama beberapa hari berkunjung ke Universitas Bina Nusantara dan pada tanggal 8 Agustus 2017 menyempatkan diri untuk bertemu dengan tim dari Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, yang dihadiri oleh Dr. Shidarta dan Dr. Ahmad Sofian. Pertemuan di Kampus BINUS JWC Senayan tersebut diprakarsai oleh International Office BINUS, dihadiri pula oleh dua jurusan lain. Pada intinya pertemuan ini membahas tawaran UMP untuk melakukan collaborative online international leaning (COIL).

Dalam presentasinya di hadapan tim BINUS, Dr. Gan meyakini BINUS adalah partner yang tepat karena sudah jauh lebih berpengalaman melakukan pembelajaran online ini. UMP yang banyak berkonsentrasi pada area keilmuan teknik (engineering) ini ingin memanfaatkan pengalaman BINUS tadi dalam model pembelajaran di perguruan tingginya, sehingga para mahasiswa dapat saling belajar melalui interaksi antarbudaya (intercultural), memahami keanekaragaman (diversity), menguasai cara berkomunikasi (communication proficiency), menemukan cara penyelesaian masalah yang tepat (problem solving), melalui cara belajar mandiri (self-directed learner) yang disebutnya heutagogy. Menurut Dr. Gan, UMP sendiri ingin target 30% dari mata kuliah mereka terkoneksi secara internasional dengan universitas mitra mereka di seluruh dunia. Ini adalah capaian Global Classroom Index yang sudah mereka tetapkan.

Ketua Jurusan Hukum Bisnis BINUS menekankan keunikan desain kurikulum yang mungkin menarik bagi para mahasiswa UMP, yang ternyata juga meminati aspek lain di luar ilmu teknik yang mereka tekuni. Mereka misalnya ingin mengetahui apa yang disebut hukum siber (cyber law), dengan segala macam perniknya, seperti cyber crime, cyber security, private data protection, dan kaitannya dengan intellectual property rights. Untuk merealisasikan kolaborasi ini, semua dosen di Jurusan Hukum Bisnis akan dikerahkan untuk mengajar di UMP melalui skema COIL ini. Kuliah diberikan seluruhnya dalam bahasa Inggris dengan isu-isu tertentu yang akan disepakati di antara para dosen. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close