People Innovation Excellence

PARTISIPASI BINUS DALAM SELEKSI HAKIM AGUNG 2017



Dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, Shidarta, diundang oleh Komisi Yudisial Republik Indonesia untuk ikut dalam tim penilai karya tulis di tempat dalam rangkaian proses seleksi calon hakim agung tahun 2017. Karya tulis di tempat adalah salah satu saja dari seleksi kualitas calon hakim agung, di samping ada seleksi administrasi, seleksi kesehatan dan kepribadian, dan wawancara terbuka. Untuk seleksi kualitas, ada tes objektif, karya profesi, karya tulis di tempat, studi kasus hukum, dan studi kasus KEPPH.

Dalam seleksi kali ini terdapat 82 calon hakim agung yang dinilai. Selain Shidarta, ada empat dosen senior dari Universitas Indonesia (Prof. Topo Santoso), Universitas Gadjah Mada (Prof. Sigit Riyanto), Universitas Padjadjaran (Dr. Susi Dwi Harijanti), dan Universitas Katolik Parahyangan (Prof. Bernadette M. Waluyo), yang ibersama-sama kut menjadi penilai. Penilaian karya tulis tersebut diadakan pada tanggal 2 Mei 2017 di Kantor Komisi Yudisial, Jl. Kramat Raya, Jakarta. Selain sebagai penilai, para dosen ini juga membantu Komisi Yudisial menyiapkan term of reference untuk keperluan penulisan karya tulis ini.

Menurut Shidarta, keikutsertaan dosen BINUS dalam proses seleksi para calon hakim agung ini sejak lima tahun terakhir, menunjukkan kepercayaan Komisi Yudisial kepada akademisi BINUS dan lembaga pendidikan tinggi hukum lainnya untuk ikut bertanggung jawab dan secara aktif mengawal proses tersebut. Bagaimanapun perguruan tinggi hukum adalah salah satu sumber utama lahirnya sosok-sosok profesional hakim di negeri ini, sehingga perjalanan karier setiap hakim seyogianya tidak lepas dari interaksi dengan lembaga yang melahirkan para hakim tersebut. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close