People Innovation Excellence

EKSAMINASI PUTUSAN “JIS”: PENANGANAN PERKARA YANG EMOSIONAL

Dosen Jurusan Business Law BINUS Vidya Prahassacitta, S.H., M.H., pada tanggal 12 April 2016, berkesempatan  menghadiri acara diskusi dan peluncuran buku berjudul “Hasil Examinasi Melindungi Anak Membela Kepentingan Tersangka”. Acara ini mengambil tempat di Sekolah Tinggi Hukum Indonesia Jentera.

Dalam diskusi tersebut dibahas tentang hasil eksaminasi putusan terkait kekerasan seksual di Jakarta Internasional School (JIS) oleh Masyarakat Pemantau Peradukan Indonesia (MAPPI) FHUI. Hadir sebagai pemapar dari MAPPI FHUI Chocky Risda Ramadhan, S.H., LL.M, Miko Susanto Ginting, S.H., Haris Azhar, S.H. M.A. dari Kontras, dr. Ferryak Basbeth, Spf Ahli Forensik Asosiasi Ilmu Forensik Indonesia, dan Dr. Shinta Agustina, S.H., M.H. (pakar hukum Pidana dari Universitas Andalas Padang).

Dalam diskusi tersebut terungkap bahwa penanganan atas perkara ini sangat emosional yang faktanya tidak membela dan melindungi hak anak sebagai korban kekerasan seksual tetapi merupakan proses peradilan pidana yang menyesatkan. Dalam examinasi dan diskusi terungkap kejanggalan dan cenderung dipaksakan. Salah satunya adalah tidak adanya keterkaitan visum et repertum, yang tidak dapat membuktikan kebenaran materil bahwa telah terjadi kekerasan seksual yang dilakukan oleh para tersangka yang terdiri dari lima orang petugas kebersihan dan dua orang guru JIS. Pada akhirnya diskusi ini juga memberikan masukan untuk memperbaiki sistem peradilan pidana di Indonesia. (***)


Suasana diskusi di Jentera Law School, 12 April 2016
Suasana diskusi di Jentera Law School, 12 April 2016

Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close