People Innovation Excellence

BINUS BANGUN DESA

Pada Kamis (12/11/2015), dosen Business Law BINUS, Reza Zaki, S.H., M.A. berkesempatan menyajikan gagasannya di hadapan unit-unit terkait di lingkungan universitas terkait konsep BINUS Bangun Desa di Kampus Anggrek. Pertemuan tersebut dihadiri oleh Retno Dewanti, S.Si., M.M., Ph.D sebagai Manager Community Development Center Academic  dan Maryani, S.Kom., MMSI sebagai Manager Community Development Center TFI.

Program BINUS di tahun 2016 ingin mengembangkan potensi daerah. Ketimpangan, kemiskinan, serta kurangnya akses pendidikan menjadi sekelumit persoalan di daerah. Indonesia memiliki lebih dari 74.000 desa yang tersebar merata. Akan tetapi menurut Kemendes (2015) masih terdapat 19 juta orang miskin di desa. Melalui pengalaman selama tiga tahun mengembangkan Yayasan Rumah Imperium di Kabupaten Sumedang, Zaki  berinisiatif untuk dapat mengembangkan konsep pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh kampus secara terukur dan berdampak.

Konsep BINUS Bangun Desa kemudian dicetuskan sebagai upaya untuk mewujudkan program tahun 2016 untuk membangun daerah. Melalui kolaborasi antara BINUS dan Yayasan Rumah Imperium di Kabupaten Sumedang ini, BINUS Bangun Desa akan menciptakan desa prototype yang berlokasi di Desa Ganeas, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat.

Konsep ini akan melibatkan dosen-dosen dari lintas-jurusan yang meliputi hukum, ekonomi, arsitektur, desain komunikasi visual, perhotelan, PGSD, teknologi pangan, teknik sipil, komunikasi, dll. Rencana proyek ini memiliki dua manfaat sekaligus bagi dosen yakni sebagai proses pengabdian kepada masyarakat dan penelitian. Dari rencana program yang dipaparkan oleh Zaki menunjukan banyak ide-ide baru yang berpotensi menjadi sebuah kajian/penelitian baru.

Konsep BINUS Bangun Desa ini direncanakan dimulai pada Januari 2016 saat sedang berlangsung Ujian Akhir Semester (UAS). Diharapkan dengan konsep Binus Bangun Desa ini, tujuan besar pemerintahan Jokowi-JK untuk membangun Indonesia dari pinggiran dapat diwujudkan bersama. (***)


IMG.20151113.WA0011


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close