People Innovation Excellence

BINUS DAMPINGI MAHASISWA DEAKIN BELAJAR HUKUM DI KOMISI YUDISIAL

Empat belas mahasiswa dan dosen dari Deakin University, Australia, selain mengunjungi dan belajar hukum di Business Law BINUS, juga mengunjungi beberapa institusi hukum di Jakarta. Dua lembaga yang dikunjungi adalah Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI) dan kemudian di Komisi Yudisial di jalan Kramat Raya. Keduanya terletak di Jakarta Pusat. Acara kunjungan lapangan pada tanggal 1 Juli 2014 ini merupakan rangkaian dari studi mereka tentang Indonesia, seperti tentang budaya, agama, politik, dan termasuk hukum.

Dr. Shidarta dari Business Law BINUS ikut mendampingi kunjungan mahasiswa dan dosen Deakin University selama berada di gedung Komisi Yudisial, didampingi pula oleh rekan-rekan dari International Office BINUS. Kehadiran para tamu dari Australia ini di Komisi Yudisial secara lebih khusus adalah untuk tahu lebih banyak tentang fungsi dan peranan komisi ini dalam mendorong terbentuknya peradilan Indonesia yang lebih berwibawa.

Di Kantor Komisi Yudisial, para mahasiswa dan dosen ini diterima oleh komisioner Dr. Ibrahim, S.H., M.H. didampingi Titik A. Winahyu dari Pusat Analisis dan Informasi (Palinfo) Komisi Yudisial.  Para mahasiswa yang terdiri dari berbagai program studi ini sangat tertarik dengan penjelasan anggota Komisi Yudisial tersebut, terutama ketika beliau menyampaikan problema yang kerap dijumpai oleh lembaga ini di lapangan.

Pertanyaan yang diajukan antara lain terkait bentuk-bentuk sanksi, model pengawasan, dan cara investigasi yang dilakukan. Isu-isu seputarr agama ternyata juga menarik perhatian mereka. Misalnya, ada pertanyaan apakah agama para hakim itu selalu harus Islam atau boleh dari agama lain. Mereka juga antusias menanyakan klaim “success story” yang disampaikan oleh Komisi Yudisial, seperti keberhasilan lembaga ini dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap profesi hakim. (***)

IMG_0012IMG_0016IMG_0017

 

 

IMG_0014IMG_0015


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close