People Innovation Excellence

MENGGUGAT DISPARITAS PUTUSAN HAKIM

DISPARITAS PUTUSAN: IDENTIFIKASI DAN IMPLIKASI

Jakarta: Komisi Yudisial RI, 2014

 

Buku.disparitas.binus

Buku berjudul “Disparitas Putusan: Identifikasi dan Implikasi” ini adalah karya bersama dari berbagai tim peneliti di sejumlah perguruan tinggi terhadap putusan-putusan hakim. Penelitian dilakukan pada tahun 2013 di bawah koordinasi empat orang pakar dari Universitas Bina Nusantara, Universitas Pasundan, Universitas Padjadjaran, dan Universitas Katolik Parahyangan.

Tim peneliti dari Business Law BINUS dipimpin oleh Aad Rusyad Nurdin. Mereka meneliti disparitas dari sejumlah putusan pengadilan niaga terkait kepailitan. Hasil temuan mereka membuka mata tentang beberapa sisi yang masih lemah dari Undang-Undang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang.  Asas pembuktian yang sederhana, sebagaimana dianut dalam undang-undang ini ternyata ditafsirkan secara berbeda pada beberapa putusan dan hal ini sangat merugikan pihak-pihak tertentu.

Buku yang cukup tebal ini memberi banyak informasi bagi pembaca yang tertarik menyelami hukum yang hidup (living law) sebagaiana dimaknai para hakim melalui putusan-putusan mereka. Isi buku ini mencakup tidak saja problematika dalam hukum kepailitan sebagaimana diteliti oleh tim BINUS, melainkan juga isu-isu hukum lainnya. Untuk membantu pemahaman pembaca, juga disajikan tabel-tabel analisis yang menarik. (***)


Last updated :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close