People Innovation Excellence

UBAH RISET JADI BUKU

Para dosen BINUS University, pada tanggal 3 Oktober 2024 menggelar diskusi bertajuk “Ubah Riset Jadi Buku: Strategi Penulisan dan PenerbitanBuku Sosial Humaniora yang Berkualitas dan Diakui.” Acara yang diprakarsai oleh Research &Technology Transfer Office (RTTO) ini menampilkan dosen Jurusn Hukum Bisnis Shidarta, sebagai narasumber.

Shidarta memaparkan pengelompokan jenis-jenis buku dan peluang memanfaatkan riset menjadi buku-buku yang dimaksud. Menurut Shidarta, pengelompokan buku menjadi buku pendidikan, buku teks, dan buku nonteks, memang lebih relevan untuk keperluan level pendidikan di bawah pendidikan tinggi. Ia juga menjelaskan model-model riset yang berpeluang diubah menjadi buku. Sebagai contoh, hasil penelitian dari riset untuk tesis dan disertasi sangat mungkin untuk diolah kembali menjadi buku, namun biasanya membutuhkan penulisan ulang agar menjangkau khalayak pembaca yang lebih umum.

Hal tersulit adalah tatkala harus mengarahkan suatu buku menjadi karya yang berkualitas dan diakui. Aspek kualitas ini sangat bervariasi karena sebagian penerbit telah menyediakan tim penilai yang memutuskan apakah sebuah buku ditulis secara profesional, objektif, dan akuntabel. Penilaian selebihnya sangat ditentukan oleh respons pasar dan terkadang hal ini tidak dapat diprediksi secara tepat. Buku-buku yang kerap diberi predikat “best seller” umumnya mengarah pada buku-buku fiksi, dan tidak banyak yang bergenre buku-buku untuk pegangan perguruan tinggi. (***)

 

 

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close