People Innovation Excellence

LAGI, PELATIHAN PENALARAN HUKUM DI JIMLY SCHOOL


Jimly School of Law and Goverment (JSLG) Jakarta, pada tanggal 25 Jul 2024 kembali mengadakan pelatihan penulisan pendapat hukum (legal opinion). Peserta pelatihan ini beradal dari berbagai kalangan, khususnya kementerian dan kantor-kantor advokat. Dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, adalah salah satu narasumber yang diminta memberikan topik tentang penalaran hukum. Kegiatan pelatihan sepenuhnya dilakukan secara daring.

Berbagai isu dibahas dalam sesi pembelajaran yang berlangsung selama satu setengah jam tersebut. Misalnya, peserta mempertanyakan kemungkinan kebiasaan dapat diakomodasi sebagai sumber hukum dalam pemberian pendapat hukum dan bagaimana jika tidak sejalan dengan peraturan perundang-undangan.  Hal ini terkait juga dengan fungsi-fungsi hukum, yakni apakah akan mengarah ke pemeliharaan status quo (law as a tool of social order) atau justru sebaliknya (law as a tool of social engineering). 

Menurut Shidarta, dalam pemberian pendapat hukum, kita harus berorientasi kepada pertanyaan yang dibutuhkan oleh klien untuk dapat dijawab. Kendati demikian, pemberi pendapat hukum tetap harus berani untuk menunjukkan kelemahan posisi klien, apabila memang senyatanya demikian menurut penilaian kita. Kelemahan ini dapat diidentifikasi, antara lain dengan cara merumuskan warrant dan membandingkannya dengan rebuttal yang diperkirakan akan dikemukakan pihak lawan. (***)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close