People Innovation Excellence

FGD EVALUASI CETAK BIRU PERADILAN 2010-2035



Sebanyak 13 akademisi dari berbagai perguruan tinggi, diundang oleh Ketua Kamar Pembinaan Mahkamah Agung merangkap Koordinator Tim Pembaruan Peradilan Prof. Takdir Rahmadi, S.H., LL.M. untuk terlibat dalam focus group discussion (FGD) mengevaluasi Cetak Biru Peradilan 2010-2035. Acara berlangsung secara hybrid, yakni secara daring dan secara luring di Hotel JS Luwansa, Jakarta. Acara berlangsung pada tanggal 21 Agustus 2023 pukul 09:00-12:00 wib.

Dari Jurusan Hukum Bisnis BINUS, tampak hadir secara daring pengajar filsafat hukum, Shidarta. Sementara undangan lain yang juga terlihat hadir adalah Prof. Yuliandri (Rektor Univ. Andalas), Prof. Sigit Riyanto (FH UGM), Prof. Susi Dwi Harjanti (FH Unpad), Prof. Deni Kamaludin Yusup (FEB Islam UIN Sunan Gunung Jati), Dr. iur Asmin Fransiska (Dekan FH Unika AJ), Dr. Sri Wiyanti Eddyono (FH UGM), dan Eko Riyadi (FH UII),

Shidarta dalam kesempatan itu menyampaikan apresiasi terhadap perkembangan yang telah dicapai dalam implementasi Cetak Biru Peradilan 2010-2035. Sekalipun demikian, memang ditemukan sejumlah catatan. Shidarta menyampaikan antara lain tentang pentingnya diberi perhatian terhadap isi direktori putusan MA. Selama ini ada banyak yurisprudensi yang kerapkali dikutip oleh para hakim di dalam putusan-putusan mereka, tetapi seperti apa redaksi yang tertulis di dalam putusan aslinya tidak berhasil diakses. Putuan-putusan yang banyak disinggung seperti itu, selayaknya diprioritaskan untuk dicari dan diunggah ke direktori putusan, Selain itu, cara memformulasikan kaidah penemuan hukum secara tepat, juga penting disegarkan kembali di kalangan hakim kita. Ia juga menggarisbawahi perlunya diwacanakan pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam membantu pekerjaan-pekerjaan teknis tertentu, kendati Shidarta juga mengingatkan agar hal ini dilakukan dengan ekstra hati-hati. “Kecerdasan buatan itu tidak boleh sampai menggantikan peran hakim sebagai pengambil keputusan,” ujarnya. (***)

 

 

 

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close