People Innovation Excellence

PROBLEMATIKA METODOLOGIS DALAM PENELITIAN HUKUM

Program Magister Ilmu Hukum Universitas Palangka Raya (UPR), pada tanggal 25 Oktober 2021 mengundang Shidarta, dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS untuk menjadi narasumber dalam webinar nasional dengan tema: Menjawab Problematika Metodologi dalam Penelitian Disiplin Ilmu Hukum. Selain Shidarta, juga tampil sebagai pembicara Prof. Dr, Irwansyah, S.H., M.H. dari Universitas Hasanuddin. Webinar dimoderatori oleh Dr. Kiki Kristanto, S.H., M.H. Acara dibuka oleh Wakil Direktur Pascasarjana Universitas Palangkaraya Dr, Indrawan Permana. Acara dihadiri antara lain oleh Kaprodi MIH UPR Dr. Mutia Evi Khristhy, S.H., M.Hum., jajaran dosen, mahasiswa, dan peserta dari berbagai perguruan tinggi.

Shidarta dalam paparannya menjelaskan tentang perbedaan dalam penelitian hukum di lapisan-lapisan disiplin hukum, yang mengenal cabang ilmu hukum dogmatik, teori [ilmu[ hukum, dan filsafat hukum. Ia juga menjelaskan keunikan dari penelitian hukum yang berkarakter normatif itu. Selanjutnya ia mengidentifikasi beberapa sumber permasalahan hukum yang dapat diangkat menjadi permasalahan, disertai dengan contoh-contohnya. Pada bagian akhir, ia menguraikan tentang posisi paradgimatik dari penelitian hukum normatif dan empiris. (***)

Materi presentasi Shidarta dapat dibaca pada:

https://www.researchgate.net/publication/355484737_SLIDES_Menjawab_Problematika_Metodologi_dalam_Penelitian_Disiplin_Hukum

 


 

 

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close