People Innovation Excellence

PELUNCURAN BUKU DUA DEKADE KPPU

 

Pada tanggal 26 Maret 2021, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menyelenggarakan peluncuran buku berjudul “Dua Dekade Penegakan Hukum Persaingan: Perdebatan dan Isu yang Belum Terselesaikan”. Salah satu penulisnya adalah Shidarta, dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS. Beliau merupakan satu dari 32 penulis yang terdiri dari akademisi dan praktisi, termasuk komisioner dari KPPU.

Shidarta sendiri menulis satu tulisan berjudul: “Hukum dan Kebijakan Persaingan Usaha dalam Teori dan Praktik: Refleksi Ringan atas Pengalaman 20 Tahun Mengajar Hukum Persaingan Usaha”. Di dalam tulisannya, Shidarta memulai paparannya tentang kondisi awal yang mendorong kelahiran UU No. 5 Tahun 1999 dan kemudian perspektif dari akademisi mencermati praktik penegakan hukum persaingan usaha tersebut. Secara khusus, ia menyinggung aspek kelembagaan KPPU yang lebih terfokus untuk mengawasi perilaku pelaku usaha, sementara ada aspek lain tentang perlindungan konsumen yang berada di area lembaga lain. Padahal di banyak negara, ada kecenderungan dua area ini, persaingan usaha dan perlindungan konsumen itu disatukan. Menurutnya, kiprah KPPU akan makin bergema di masyarakat apabila dua area ini dapat ditangani oleh KPPU.

Dalam acara tersebut juga diikuti diskusi publik dengan menampilkan Prof. Jimly Asshiddiqie (mantan Ketua Mahkamah Konstitusi) dan Suroto (Ketua Asosiasi Kader Sosio-Ekonoi Strategis dan Direktur Induk Koperasi Usaha Rakyat).(***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close