People Innovation Excellence

TRAINING “ASPEK HUKUM MARKETPLACE” OLEH DOSEN HUKUM SIBER


Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), khususnya internet, dalam aktivitas ekonomi merupakan suatu hal yang tidak dapat dihindari. Efektivitas dan daya jangkau distribusi informasi melalui internet memberikan banyak manfaat, baik bagi pelaku usaha maupun konsumen. Oleh karena itu, perdagangan melalui sistem elektronik menjadi model bisnis yang menjadi pilihan saat ini. Salah satu bentuk dari perdagangan berbasis sistem elektronik adalah marketplace. Kompleksitas aktivitas marketplace menyebabkan peran penyelenggara marketplace menjadi tidak sederhana.

Marketplace sebagai suatu sistem memiliki tingkat kompleksitas yang perlu ditangani dengan baik untuk menjaga trust dari para pihak, baik penjual maupun pembeli. Selain masalah teknis terkait sistem elektronik yang menjadi domain IT, marketplace pun sarat dengan isu-isu hukum. Isu hukum dimaksud tidak hanya meliputi pemenuhan hak dan kewajiban yang muncul antara penjual dan pembeli. Beberapa isu hukum yang kerap menjadi pembahasan, baik di level nasional maupun internasional, adalah keamanan siber (cyber security), perlindungan data pribadi dan hak kekayaan intelektual yang  berujung pada perlindungan konsumen.

Dalam rangka memberikan pengenalan mengenai aspek hukum marketplace, salah satu dosen pengampu mata kuliah cyber law dan consumer protection law dari Business Law, Ibu Siti Yuniarti, memberikan pelatihan bagi internal Bina Nusantara (BINUS) pada tanggal 7 Januari 2020. Guna lebih memberikan gambaran komprehensif mengenai dinamika marketplace di Indonesia, berkenan pula memberikan materi Ibu Debora Rosaria selaku Senior Manager Legal & Compliance dari Bukalapak. Dalam pelatihan ini, peserta antusias mengikuti materi yang diberikan mulai dari pemahaman fundamental pada transaksi elektronik sampai dengan kasus-kasus yang muncul dalam praktik marketplace[. (***)

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close