People Innovation Excellence

BELAJAR DARI PERUSAHAAN LOGISTIK TAIWAN

Rombongan BINUS di Kementerian Transportasi dan Komunikasi Taiwan.

 


 




Dosen Jurusan Hukum Bisnis BINUS, Shidarta, bersama dengan dua dosen lain dari BINUS, yakni Prof. Tirta Nugraha Mursitama dan Liem Yi YIng, masing-masing dari Jurusan Hubungan Internasional dan Jurusan Sastra China BINUS, pada tanggal 19 Oktober 2018, berkesempatan mengunjungi Kantor Maritim dan Pelabuhan (Maritime and Port Bureau/MPB) Taiwan. Kantor ini ada di bawah Kementerian Tranportasi dan Komunikasi (Ministry of Transportation and Communication/MOTC) Taiwan. Berbeda dengan di Indonesia, urusan kemaritiman di dalam Pemerintahan Taiwan, diletakkan di bawah Kementerian Transportasi (Perhubungan) dan Komunkasi.

Di Kantor MPB, di kota Taipei, rombongan BINUS diterima oleh Chen Pin-Chuan (Deputy Director General) dan Shee Tan-Shou (Director) bersama dengan beberapa rekan dan staf dari MPB. Dalam pertemuan ini, Prof. Tirta Nugraha Mursitama, yang juga merupakan wakil rektor, menyampaikan kesiapan BINUS untuk menindaklanjuti tawaran kerja sama MPB dengan BINUS. Kantor setingkat direktorat jenderal ini dalam buan Oktober 2018 juga akan menandatangani kerja sama dengan Universitas Sriwijaya, Palembang. BINUS menawarkan untuk menggunakan kesempatan kehadiran pimpinan MPB di Indonesia sekaligus sebagai momentum mempererat kerja sama antar-institusi, dengan menandatangani perjanjian antara BINUS dan MPB.

Pada siang harinya, rombongan BINUS juga memiliki kesempatan sangat istimewa mengunjungi Tonglit Logistics Co. Ltd. di pelabuhan Taipei, sebuah perusahaan yang antara lain menangani logistik, pergudangan, pengujian standar beberapa komoditi. Seusai kunjungan, Shidarta dan Tirta Nugraha Mursitama bersama-sama dengan Senior Manager Business Development Division,  yaitu C.T. Weng, membuat video bersama dalam rubirik “Dialog Santai Hubungan Internasional dan Hukum”.

Indonesia dapat belajar tentang pengelolaan pelabuhan dan penempatan perusahaan-perusahaan sekelas Tonglit di zona perdagangan bebas. Tonglit adalah perusahaan di zona ini yang mampu memberi jaminan dan nilai tambah atas suatu produk sebelum sampai ke tangan konsumen. Tidak mengherankan jika dalam waktu sekitar 16 tahun, sejak berdiri tahun 2002, perusahaan ini telah berhasil menjadi penyuplai 70% pangsa pasar otomobil di Taiwan. (***)


Terkait kunjungan ke Tonglit Logistics Co., Ltd., silakan lihat video dengan tautan berikut:

https://www.youtube.com/watch?v=ZBzpFAgTg2A&t=290s


 

Bersama Senior Manager Tonglit Logistics Co. Ltd,,  CT Weng 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close