People Innovation Excellence

DISKUSI TERBUKA ID-IGF


Dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, Bambang Pratama berkesempatan menghadiri diskusi terbuka tentang perkembangan Internet global yang diselenggarakan oleh Internet Governance Forum Indonesia (ID-IGF) yang diselenggarakan pada hari Jumat, 19 Januari 2018. Acara berlangsung di Gedung Perpustakaan Nasional, Medan Merdeka Selatan, Jakarta.

Narasumber diskusi adalah Shita Laksmi (ID-IGF, dan tenaga ahli Dirjen Aptika) dan Bhredipta C. Socarana (K&K Advocate) memberikan sharing materi yang didapatkan mereka selama menghadiri forum IGF di Jenewa pada bulan Desember 2017 lalu.

Beberapa isu sentral yang dihadapi oleh berbagai negara yang dibahas antara lain:

  1. Masalah etika dalam otomatisasi, yaitu etika pada teknologi Artificial Intelligence;
  2. Digital gap antar negara yang mudah terhadap akses Internet dan yang sulit dalam mengakses Internet;
  3. Kesepakatan negara-negara atas dunia siber (cyber treaty);
  4. Hak asasi manusia dan perlindungan data pribadi dengan isu terhangatnya General Data Protection Uni Eropa (EU-GDPR) yang akan segera diberlakukan pada bulan Mei 2018;
  5. Masalah pertanggungjawaban hukum Internet Intermediary (penyedia jasa Internet);
  6. Masalah ekonomi terkait putusang pengadilan Uni Eropa (court of Justice of the European Union/CJEU) atas kasus Uber dan implikasi terhadap negara-negara lain;
  7. community network, dan netneutrality;
  8. Masalah sosial budaya seperti fake news yang sedang mewabah secara global.

Diskusi juga dihadiri oleh Ditjen Aptika Kominfo Samuel Abrijani Pangerapan yang menyatakan sangat mengapresiasi diskusi ID-IGF. Beliau juga mengatakan bahwa sebaiknya diskusi terkait Internet Governance Forum bisa rutin dilakukan oleh ID-IGF sehingga hasil pembahasan dari diskusi bisa diberikan ke pemerintah agar pemerintah mengetahui isu-isu aktual dan opsi penanganan yang terbaik.


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close