People Innovation Excellence

EMPOWERING OTHERS: TEKNIK MENGAJAR KEKINIAN


Dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A. pada tanggal 11 Agustus 2017, mengikuti pelatihan tentang teknik pembelajaran. Dalam pelatihan tersebut dinyatakan bahwa mengajar atau menyampaikan pembelajaran merupakan sebuah teknik dalam melakukan transfer of knowledge. Teknik penyampaian ini terus-menerus berkembang seiring dengan makin pesatnya perkembangan dunia pendidikan tingggi di Indonesia. Oleh karena itu, BINUS University pun tidak mau tertinggal dengan teknik pengajaran yang semakin beradaptasi dengan perkembangan trend global. Dalam konteks ini BINUS University menyelenggarakan pelatihan bagi para dosen yang bertajuk “empowering others”. Pelatihan ini dimaksudkan  untuk memberikan “coach” bagi para dosen dalam metode  membangun pengajaran yang terbaik. Pelatihan ini difasilitasi oleh Anggita D. Cahyani  dosen Psikologi, BINUS, diadakan di Kampus Anggrek BINUS.

Dalam paparannya yang energik  dan selalu sweet smile, fasiltator mengulas beberapa teknik pengajaran yang dapat memberikan penguatan bagi mahasiswa atau bagi kelompok lain yang diajarkan. Hal terpenting dalam memberikan pengajaran ini adalah bagaimana setiap orang menjadi motivasi bagi orang lain (people are always motivated). Dalam memberikan motiviasi, tidak boleh dilakukan sembarang (junk food motivation), tetapi harus motivation healthy food melalui teknik “coaching”. Teknik ini akan mampu memberikan  seseorang “a new destination” dalam arti mampu memberikan arah  terhadap apa yang diinginkan oleh setiap orang yang diajarkan.  Coaching ini merupakan teknik yang lebih baik dalam memecahkan masalah yang dihadapi setiap orang menurut cara pandangnya sendiri. Dalam melaksanakan teknik ini, seorang pengajar harus mampu menggali pertanyaan-pertanyaan yang sifatnya menyelesaikan masalah atau memberikan solusi atas masalah tersebut. Untuk mampu membuat pertanyaan-pertanyaan seperti itu, maka harus menguasai sebuah model yang di dalam psikologi dikenal sebagai model GROW, singkatan dari goal, realities, option dan will).(***)

 

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close