People Innovation Excellence

SEMINAR HAK ANAK BAGI PENGURUS DAN ROHANIAWAN PGI


Pada  tanggal  19 Februari 2017, Persatuan Gereja Indonesia (PGI) mengundang dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS Dr. Ahmad Sofian, S.H., M.A. menjadi salah satu narasumber pada  Pertemuan Nasional tentang pencegahan dan penanganan kekerasan terhadap anak. Pertemuan ini dihadiri oleh  para pengurus unit perempuan dan anak dari anggota PGI seluruh Indonesia.  Lebih kurang 80 orang hadir mengikuti pertemuan ini yg meliputi para pengurus dan  pendeta di bawah PGI. Pembicara yang diundang tidak hanya dari kalangan internal PGI tetapi pada orang-orang yang ahli dalam bidangnya seperti Prof. Irwanto dari Universitas Atmajaya, Direktur YLBHI, dan Dr. Ahmad Sofian (BINUS).

Dalam keaempatan ini Ahmad Sofian menyampaikan presentase tentang perlindungan hukum anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual  dan mekanisme bantuan hukumnya.  Dalam paparannya dia menyatakan bahwa masih terdapat kelemahan dalam memberikan bantuan hukum pada anak-anak yang menjadi korban kekerasan, karena hukum kita masih “offender oriented” dan belum sepenuhnya “victim oriented”. Akibatnya, hukum kita masih lebih dominan melindungi hak-hak tersangka dan terdakwa dibandingkan dengan hak-hak korban. Oleh karena itu hukum yang berpihak pada korban khususnya anak harus menjadi salah satu prioritas pembangunan hukum nasional di masa depan.

Beliau juga menyatakan bahwa meskipun undang-undang sudah cukup banyak, namun undang-undang tersebut  lebih memfokuskan pada upaya negara melakukan balas dendam pada pelaku kejahatan seksual anak, dan belum menekankan pada tanggung jawab pelaku untuk memulihkan hak-hak korban. (***)


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close