People Innovation Excellence

PENGABDIAN MASYARAKAT DARI BINUS UNTUK PEMUDA MUHAMMADIYAH

IMG.20160730.WA0082


IMG.20160730.WA0072


Para dosen Jurusan Business Law (BL) BINUS pada tanggal 30 Juli 2016 menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang ditujukan pada komunitas para remaja yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Muhammadiyah (IPM) Matraman. Acara diadakan di komplek Pendidikan Perguruan Muhammadiyah di jalan K.H. Ahmad Dahlan, Matraman, Jakarta.

Selain IPM Kegiatan ini juga didukung oleh “Kompak” Jakarta yang merupakan sebuah wadah partisipasi bagi anak dan orang muda untuk berperan aktif dalam menyuarakan dan menentang isu perdagangan orang dan eksploitasi seksual komersial anak. Tema yang diangkat dalam kegiatan ini adalah “Upaya menangani kejahatan seksual online dan perlindungan hukum tenaga kerja remaja”. Acara di buka oleh Dr. Shidarta selaku ketua Jurusan BL BINUS didampingi oleh pengurus IPM Matraman dan aktivis Kompak.

Isu yang diangkat dalam acara ini berkaitan dengan kehidupan sehari-hari dari pelajar, yaitu fenomena kejahatan seksual online dan problem ketenagakerjaan. Materi kejahatan seksual online penting untuk diberikan kepada remaja agar mereka terhindar sebagai korban dari para predator seksual. Kemajuan teknologi internet yang tidak digunakan secara bijak akan merugikan penggunanya. Kejahatan Siber atau kejahatan yang memanfaatkan internet memiliki ruang lingkup yang sifatnya tidak terbatas (borderless) seperti penipuan, transaksi korupsi, pelecehan seksual, penjualan perempuan/anak sebagai objek seksual dan lalin-lain yang menyasar pemuda dan anak-anak sebagai korbannya. Selain materi yang bersifat preventif juga dipaparkan materi berkaitan dengan hak-hak korban dan upaya hukum baik secara litigasi (pengadilan) maupun non litigasi (di luar pengadilan), lembaga rujukan yang dapat digunakan untuk menyelesaikan kasus kejahatan seksual online seperti kepolisian, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Lembaga Bantuan Hukum, Komnas Perempuan dan lain-lain. Pemaparan para dosen Binus dilakukan secara interaktif dengan suasana yang santai sehingga para pelajar dapat memahami apa yang disampaikan dengan konteks keseharian remaja.

Sebelum masuk pada sesi kedua, dilakukan permainan atau ice breaker oleh pengurus Kompak Jakarta yang mencairkan situasi setelah mendengarkan pemahaman dari dosen BL selama hampir dua jam agar peserta kembali relaks untuk menerima materi selanjutnya. Materi tentang Ketegakerjaan disampaikan mulai dari hak-hak pekerja, kontrak (perjanjian) kerja, penyelesaian hubungan kerja (PHK), mekanisme hukum penyelesaian perselisihan hubungan kerja. Di akhir sesi dilaksanakan tanya jawab oleh para peserta kepada pembicara. Meskipun para peserta masih muda (pelajar), keberanian dalam menjawab pertanyaan dari pembicara dan juga bagaimana mereka mengajukan pertanyaan patut diapresiasi.

Para dosen BL yang terlibat aktif dalam kegiatan ini adalah Shidarta, Ahmad Sofian, Erna Ratnaningsih, Besar, Erni Herawati, Vidya Prahascitta, Siti Yuniarti, Iron Sarira, Abdul Rasyid, dan Bambang Pratama. Selain dari BL, Hasan dari Comdev BINUS juga hadir untuk mensuksekan acara ini. (***)

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close