People Innovation Excellence

KONTRIBUSI DOSEN BINUS UNTUK BAHAN BACAAN KLINIK ETIK DAN HUKUM

Komisi Yudisial Republik Indonesia baru-baru ini menerbitkan buku baru berupa bahan bacaan untuk mahasiswa peserta program Klinik Etik dan Hukum. Buku I ini berisi materi hukum yang memuat empat tulisan Dr. Shidarta, S.H., M.Hum., dosen Jurusan Business Law BINUS. Keempat tulisan ini masing-masing berjudul: (1) Penalaran dan Penemuan Hukum, (2) Analisis Penalaran Hukum dan Area Etis Pengawasan Komisi Yudisial Pasca-Putusan MA Nomor 36P/Hum/2011, (3) Metode Penemuan Hukum (Interpretasi dan Konstruksi), dan (4) Hakim Inspirasional dalam Penegakan Etika Profesi dan Pembentukan Budaya Hukum. Keempat tulisan ini adalah elaborasi dari makalah seminar dan artikel yang pernah disajikan atau dipublikasikan dalam beberapa kesempatan.

Pada tulisan kedua, misalnya, penulis memaparkan konsekuensi dari putusan MA Nomor 36P/Hum/2011 yang mencabut beberapa butir Kode Etik dan Pedoman Perilaku Hakim (KEPPH). Penulis menjelaskan bagaimana pertimbangan hakim atas putusan itu harus dinalarkan dan kemudian bagaimana KEPPH itu harus dibaca pasca-putusan tersebut. Uraian pemikiran penulis terkait hal ini pernah disajikan dalam diskusi di Gedung YLBHI Jakarta beberapa tahun lalu, antara lain bersama Prof. Dr. Laica Marzuki dan Dr. Suparman Marzuki.

Buku setebal 74 halaman ini ditulis oleh Shidarta atas permintaan dari Komisi Yudisial Republik Indonesia, mengingat selama ini bahan-bahan bacaan untuk pembelajaran Klinik Etik dan Hukum yang telah dijalankan oleh lembaga negara ini, belum bersandar pada referensi yang memadai. Materi ditulis dengan bahasa yang relatif mudah dicerna untuk keperluan para mentor dan mahasiswa di fakultas-fakultas hukum yang mengikuti program Klinik Etik dan Hukum tersebut. Diharapkan pada tahun 2016 ini, buku tersebut sudah bisa dipakai sebagai referensi untuk program pembelajaran Klinik Etik dan Hukum di belasan perguruan tinggi di seluruh Indonesia. (***)


 

2016.02.02.00.39.46

 


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close