People Innovation Excellence

PENELITIAN PROFESIONALISME HAKIM DAN FGD DI KOTA KUPANG

Pada tanggal 30 Juni 2015, dua dosen BINUS, yaitu Dr. Shidarta (Jurusan Business Law) dan Dr. Istiani (Jurusan Psikologi) ditugaskan oleh Komisi Yudisial Republik Indonesia untuk melakukan penelitian lapangan di kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari Komisi Yudisial, hadir staf Pusat Layanan Informasi  Ikhsan Azhar, S.H. Penelitian ini merupakan kelanjutan dari penelitian serupa namun dengan lokasi penelitian berbeda di Mataram dan Kepanjen. Dalam waktu dekat juga akan dilakukan penelitian lapangan di Lubukpakam (Sumatera Utara).

Sama seperti penelitian-penelitian sebelumnya, para peneliti berkesempatan untuk mewawancarai para hakim senior di masing-masing daerah untuk mendengar pengalaman-pengalaman keseharian mereka dalam menjalankan tugas. Catatan dan masukan dari para hakim di lapangan ini akan sangat penting dalam memperkaya wawasan para pengambil keputusan di Komisi Yudisial, antara lain untuk mendorong semangat para hakim mengemban profesi luhur mereka.

Pada kesempatan berikutnya diadakan pertemuan berupa focus group discussion (FGD) yang melibatkan penghubung Komisi Yudisial dan jejaring di daerah tersebut. Acara FGD sekaligus buka puasa bersama yang berlangsung di Twin’s Restaurant Kupang ini dimaksudkan untuk mendapatkan masukan terkait indikator-indikator penelitian yang saat ini tengah dikembangkan oleh para peneliti. Melalui penelitian ini, diharapkan akan berhasil dikembangkan teknik pemutakhiran data yang saat ini sedang dikembangkan oleh Komisi Yudisial, yang sangat berguna dalam mendukung tugas dan fungsi Komisi Yudisial, khususnya dalam rangka mendorong pola rekrutmen hakim dan hakim agung yang lebih objektif dan transparan. (***)


IMG_0456


IMG_0457


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close