People Innovation Excellence

KULIAH DOSEN BINUS TENTANG FILANTROPI ISLAM DI UNIVERSITAS GUNADARMA

Abdul Rasyid sebagai narasumber di Univ. Gunadarma, 10 Juni 2015
Abdul Rasyid sebagai narasumber di Univ. Gunadarma, 10 Juni 2015

Pada hari tanggal 10 Juni 2015, Abdul Rasyid, Ph.D., dosen Jurusan Business Law BINUS diundang menjadi pembicara di kegiatan Kuliah Informal Ekonomi Syariah 2015 yang diadakan oleh Sharia Economic Forum (SEF) Fakultas Ekonomi Universitas Gunadarma. Adapun materi yang disampaikan pada kuliah tersebut terkait dengan filantropi Islam (ZISWAF).

Filantropi secara sederhana bisa diartikan dengan kedermawanan, cinta kasih sesama manusia yang diaplikasikan dalam bentuk amal dari orang yang mampu kepada yang tidak mampu. Filantropi ini secara umum lebih menekankan hubungan sesama manusia tanpa melibatkan unsur ilahiyah. Dalam Islam, filantropi tidak hanya sebatas mengatur hubungan manusia dengan manusia saja, tetapi juga mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya. Artinya perbuatan baik manusia dalam bentuk menolong sesama saudaranya memang dianjurkan dan hal tersebut sesuai dengan apa yang telah diperitahkan Tuhannya. Filantropi dalam Islam terdiri dari berbagai macam bentuk, seperti zakat, infak, sedekah (shodaqoh) dan wakaf.

Filantropi Islam, dengan berbagai bentuknya di atas, mempunyai potensi ekonomi yang sangat besar, apabila dikelola dengan baik bisa membantu perekonomian umat Islam. Sayangnya, potensi tersebut belum dikelola dengan maksimal. Upaya memaksimalkan pengelolaan filantropi Islam tetap terus dilakukan oleh Badan Amil Zakat Nasional Indonesia dan Badan Wakaf Indonesia. Dukungan pemerintah tetap diperlukan sehingga usaha tersebut bisa terwujud dengan maksimal. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close