People Innovation Excellence

TIPS PEMBUATAN VIDEO PERKULIAHAN UNTUK PARA DOSEN BUSINESS LAW

Pelatihan oleh BINUS TV kepada para dosen Business Law BINUS
Pelatihan oleh BINUS TV kepada para dosen Business Law BINUS

 

Screen.Shot.2015.04.29.at.05.59.33

BINUS TV berkesampatan memberikan pelatihan singkat tentang tips pembuatan video perkuliahan bagi dosen-dosen Business Law BINUS. Instruktur BINUS TV dilakukan oleh tim di bawah koordinasi Andreas Immanuel. Tips-tips sederhana tentang cara merekam gambar, mengambil posisi, mencegah agar gambar tidak bergoyang, dan seterusnya menjadi materi menarik untuk langsung dipraktikkan oleh para dosen Business Law BINUS yang memang dituntut untuk juga kerap membuat digital content dalam perkuliahan mereka.

Menurut Andreas, ada empat aspek yang harus diperhatikan dalam perekaman video. Pertama, durasi harus cukup lama untuk mendapatkan gambar-gambar terbaik yang kemudian bisa dipilih dan diedit. Pencahayaan yang cukup adalah hal lain yang sangat perlu. Indikasinya bisa dilihat dari kesamaan warna-warna yang muncul di monitor kamera dengan warna-warna objek senyatanya. Ketiga, pada saat pengambilan gambar, jangan terjadi goncangan (shaking). Untuk mencegah hal ini memang dapat digunakan tripod, tetapi jika tidak tersedia dapat disiasati dengan cara pemegangan kamera yang tepat. Terakhir, adalah posisi objek yang pas. Untuk itu ada tiga jenis sudut pengambilan gambar yang dapat dibedakan menjadi high angle, eye level, dan low angle. Apabila kita ingin menunjukkan objek kamera pada posisi lebih subordinat, misalnya tatkala kita menyoroti pengemis di jalan, dianjurkan untuk memakai high angle. Dalam kesempatan itu juga dipraktikkan beberapa dasar pengambilan gambar, seperti teknik penggeseran fokus kamera dan tipe-tipe shoot kamera.

Bagi Business Law BINUS, pelatihan sederhana perekaman video ini disadari penting oleh para dosen yang kerap dituntut untuk membuat digital content bagi perkuliahan. Hasil dari perekaman video ini juga kerap dipakai untuk pelatihan-pelatihan hukum.

Selain itu, bersama dengan BINUS TV, Jurusan Business Law BINUS juga telah memproduksi video untuk ditayangkan kepada publik. Sampai saat ini BINUS TV dan Business Law BINUS sudah membuat sepuluh episoed video hukum yang diputar rutin pada tiap hari Senin pukul 15:30 wib dalam acara bertajuk ‘Legal Discourse’. Keseluruhannya akan ada tiga belas episode. Contoh episode pertama berjudul ‘The Overview of Indonesian Legal System” dapat dilihat dari laman di bawah ini. (***)


Published at :

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close