People Innovation Excellence

UNODC MENGGANDENG BINUS UNTUK TALK-SERIES

CIMG3481 United Nations Office on Drugs & Crime (UNODC) dan Prodi Business Law BINUS sepakat untuk menyelenggarakan empat seri temu ilmiah, yang disebut talk-series Forum Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (Formaki), masing-masing pada: (1) tanggal 18 Juli 2014, (2) tanggal  22 Agustus 2014, (3) tanggal 26 September 2014, dan (4) tanggal 24 Oktober 2014. Kesepakatan tentang tanggal, waktu, dan tempat acara ditentukan dalam rapat tanggal 3 Juli 2014 lalu antara BINUS, yang diwakili oleh Ahmad Sofian dan Paulus Aluk Fajar Dwi Santo bersama dengan National Project Officer UNODC, Misthohizzaman dan Sari Seruni, di Kantor UNODC Jakarta.

Secara umum, kegiatan talk-series ini bertujuan untuk: (a) memfasilitasi keterlibatan masyarakat kampus dalam mendukungimplementasi UNCAC di Indonesia (perlu dicatat bahwa Indonesia, melalui  Undang-Undang  No.  7 Tahun 2006,  telah meratifikasi United Nations Convention Against Corruption atau UNCAC); (b) memfasilitasi keterlibatan masyarakat kampus untuk mengetahui dan  memahami  pola-pola korupsi  yang terjadi  di  sektor-sektor strategis di Indonesia; dan (c) memfasilitasi dialog antara masyarakat kampus, pemerintah danmasyarakat Indonesia dalam memetakan aktivitas-aktivitas terkait implementasi Strategi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi (Stranas PPK).

Menurut pihak UNODC, diajak BINUS dalam kegiatan ini adalah karena kesadaran bahwa keterlibatan sivitas akademika dalam  sejarah  bangsa  Indonesia,tidak dapat dinafikkan begitu saja, Periodisasi kekuasaan Indonesia kerap dipenuhi fakta keterlibatan masyarakat kampus dalam pergolakan perubahan, sehingga menjadi sebuah fenomena menarik dalam  aktivitasnya  untuk  ikut  mendorong  perubahan  besar  dinegara ini. Tidak ada salahnya, jika kemudian UNODC bersama-sama dengan beberapa kampus di Indonesia mengadakan kegiatan diskusi terbuka dengan mengusung semangat perubahan yang ada pada rekomendasi  UNCAC dan STRANAS PPK.  Kedepannya,  Serial diskusi yang diberi tajuk Forum Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (Formaki) diharapkan  mempunyai  positioning  yang  tepat  dan mampu menjadi  pintu awal  dari  keterlibatan masyarakat  kampus secara khusus dan masyarakat Indonesia secara umum, agar dapat memberikan kontribusi yang positif serta dukungan bagi pemerintah Indonesia  dalam  melaksanakan  kegiatan  yang  relevan  dengan rekomendasi UNCAC dan Stranas PPK.

Pada tahap pertama kegiatan ini, BINUS adalah satu-satunya perguruan tinggi di Jakarta dan perguruan tinggi swasta yang diajak bekerja sama. Selain BINUS, dua perguruan tinggi lain adalah Universitas Padjadjaran di Bandung dan Universitas Brawijaya di Malang. Rincian topik, pembicara, waktu pelaksanaan, dan lokasi kampus BINUS yang dijadikan venue acara dapat dilihat pada tabel di bawah ini. Bagi para peminat topik-topik talk-series ini, dipesilakan untuk hadir dalam acara ini, dengan terlebih dulu mencatatkan diri pada Sekretariat Busienss Law BINUS (contact person: Rahmat Taufik). (***)

Topik Pembicara (catatan: sampai tanggal posting berita ini, belum semua memberikan konfirmasi) Waktu Pelaksanaan Tempat(Kampus BINUS)
 1 Derajat pertanggungjawaban korporasi terkait dengan tindak pidana korupsi
  • Prof. Dr. Sutan Remi Syahdeni (UI)
  • Dr. Prajoto (UI)
  • Alexander Lay
  • Albertina Ho (Waka PN Palembang)
  • Asep Mulyana (Pidsus Kejaksaan Agung)

Moderator: Ahmad Sofian (BINUS)

Jumat, 18 Juli 15.30 – 18.00 Kampus JWC, Senayan City
 2 Pemberantasan Korupsi pada Pengadaan Barang dan Jasa
  • Agus Raharjo (Ketua LKPP)
  • Prof.Dr. Yohanes Sogar Simamora, SH, M.Hum (Unair)
  • Khalid Mustafa
  • Moderator: Paulus Aluk Fajar Dwi Santo (BINUS)
Jumat, 22 Agt 16.00 – 18.00 Kampus Anggrek, Kemanggisan Kebon Jeruk
3 E-filing dalam menekan korupsi di sektor pajak
  • Fuad Rahmanie (Dirjen Pajak)
  • Iwan Juniardi (Data Informasi Pajak)
  • Sigit Danang Joyo (UKP4)

Moderator: Besar (BINUS)

Jumat, 26 Sep 16.00 – 18.00 Kampus JWC, Senayan City
4 Good Corporate Governance di lingkungan penyelenggaraan Pendidikan Tinggi
  • Prof.Dr. Harjanto Prabowo (Rektor Binus)
  • Dirjen Dikti
  • Lembaga ISO

Moderator: Shidarta (BINUS)

Jumat,24 Okt 16.00 – 18.00 Kampus Anggrek, Kebon Jeruk

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close