People Innovation Excellence

PENELITIAN HAK ANAK DI BAWAH SPONSOR GLOBAL COMPACT NETWORK-INDONESIA

The Global Compact asks companies to embrace universal principles and to partner with the United Nations. It has grown to become a critical platform for the UN to engage effectively with enlightened global business,” demikian pernyataan Sekjen PBB Ban Ki-Moon dalam situs resmi Global Compact Network.

Sejalan dengan misi tersebut, Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, di bawah koordinasi Jurusan Psikologi, terlibat dalam penyusunan desain penelitian untuk “Children Right and Business Principles (CRBP) Mapping” dengan mengambil lokasi penelitian di Jakarta dan Jawa Barat. Proposal penelitian telah diajukan kepada Global Compact Network-Indonesia.

Latar belakang dari penelitian ini karena ditemukannya statistik keterlibatan anak yang cukup memprihatinkan dalam dunia kerja. Fenomena ini memang tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi kondisi di Tanah Air sesungguhnya tidak lebih baik daripada di sejumlah negara berkembang lainnya. International Labour Organization (ILO) menemukan terdapat sekitar 1,5 milyar pekerja anak berusia 5-17 tahun pada tahun 2010. Separuh di antaranya bekerja di sektor-sektor yang membahayakan kesehatan mereka. Padahal, khusus untuk di Indonesia, sudah terdapat Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Undang-Undang Perlindungan Anak yang memberikan perlindungan legal terhadap hak-hak anak, termasuk dari bahaya pengeksploitasian mereka sebagai tenaga kerja.

Penelitian yang akan melibatkan Jurusan Business Law BINUS ini akan mencoba melihat hak-hak anak dalam kaitannya dengan aktivitas bisnis. Dari perspektif ini, tidak hanya hak-hak anak sebagai pekerja saja yang disorot (child labour), melainkan hak-hak anak sebagai konsumen (child consumer), yaitu tatkala mereka menjadi pemakai produk-produk industri. Selain itu, adalah hak-hak anak sebagai anggota masyarakat (child as member of community). Di sini akan dilihat seberapa jauh kepedulian komunitas bisnis dalam memperhatikan hak-hak anak, antara lain dalam program tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility).

Pemetaan CRBP ini diinisiasi oleh UNICEF, Save the Children, and Global Impact, untuk melihat situasi perusahaan-perusahaan di Indonesia (dalam hal ini Jakarta dan Jawa Barat) dalam menjalani 10 prinsip CRBP, yang semua prinsip tersebut memuat hak-hak anak untuk mendapatkan rasa aman, kesempatan tumbuh kembang, dan sebagainya, yang oleh BINUS diinterpretasikan ke dalam tiga perspektif anak sebagai pekerja, sebagai konsumen, dan sebagai anggota masyarakat. (***)

 

 


Published at : Updated

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close