People Innovation Excellence

PERKENALKAN SYARAT BADAN HUKUM DALAM KEWIRAUSAHAAN SOSIAL KEPADA PEMUDA KOREA SELATAN

 


 


Dosen Jurusan Hukum Bisnis (Business Law) BINUS, Dr. Reza Zaki, terlibat dalam kegiatan Pertukaran Pemuda Indonesia Korea (PPIKor) atau Indonesia Korea Youth Exchange Program (IKYEP). Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam dua fase yaitu Fase Indonesia tanggal 25 Juni sampai dengan 4 Juli 2019; dan Fase Korea tanggal 5 Juli hingga 14 Juli 2019. Kegiatan ini merupakan kerjasama bilateral antara Pemerintah Republik Indonesia dan Pemerintah Republik Korea. Program kerjasama Kementerian Pemuda dan Olahraga RI dengan Kementerian Kesetaraan Gender dan Keluarga Republik Korea ini sudah berlangsung selama sembilan tahun.Tujuannya, untuk mempererat hubungan kedua negara, khususnya dalam bidang kepemudaan dan juga untuk meningkatkan kualitas dan wawasan pemuda kedua negara melalui rangkaian kegiatan di kedua negara.

Kegiatan ini meliputi diskusi, kunjungan institusi, courtesy call dan homestay. Kegiatan diikuti oleh 40 delegasi yang terdiri dari 18 delegasi pemuda Korea, 1 Head of Delegation dan 1 Assistant Head of Delegation; 18 delegasi pemuda Indonesia yang telah diseleksi secara nasional (18 provinsi), 1 Head of Delegation dan 1 interpreter.

Fase Indonesia sendiri dilaksanakan di dua kota, yaitu Jakarta dan Kabupaten Sumedang. Dalam kegiatan ini, para pemuda Korea dan Indonesia juga mendapatkan pembekalan mengenai kewirausahaan sosial (Social Enterprenuership) dari Dosen Business Law BINUS University Reza Zaki. Zaki memaparkan pengalamannya, baik dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sumedang hingga capainnya bersama ratusan pemuda lokal di Forum Putra Daerah Membangun. Zaki selama ini dipandang luas berhasil menciptakan dampak kepada 1 juta orang di Indonesia melalui hampir di 30 provinsi. Otoritas yang kini sudah dikuasai oleh desa harus dapat dikelola dengan baik agar transfer dana desa dari pemerintah pusat dapat berwujud pada peningkatan kapasitas desa. “Perkembangan kewirausahaan sosial merupakan cikal bakal pembangunan yang merata di seluruh pelosok negeri,” kata Zaki kepada BINUS, usai menjadi narasumber Fase Indonesia PPIKor 2019, di Sahid, Skyland City, Jatinangor, Sumedang, Jumat (28/6/2019).

Zaki menambahkan beberapa tools atau alat kepada peserta untuk bisa memulai karir sebagai social enterprenuer, yakni dengan menggunakan business canvas model, lean canvas, the sustainable rural livelihoods, impact effort matrix, dan legal entity. “Saya percaya bahwa kerjasama yang baik, terutama dalam pembangunan rural area di masing-masing wilayah akan mempercepat penetrasi kemajuan ekonomi di masa depan,” ujar doktor hukum lulusan Universitas Padjadjaran Bandung ini. “Seperti halnya Korea yang sudah memulai di tahun 70-an dengan program Saemaul Undong,” imbuhnya lagi. (***)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close